5 Dampak Negatif Internet

apa sih dampak negatif internet itu, yuk cari tau !

dampak negatif internet
sumber:pexels.com

Di zaman sekarang ini perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk hal-hal yang positif namun ada sebagian orang yang justru menggunakannya secara negatif.Dampak negatif dari internet sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Dampak negatif yang ditimbulkan internet misalnya seperti penyebarluas informasi yang bersifat hoax,yang sering terjadi saat ini.Inilah 5 Dampak Negatif Internet yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

1.Kecanduan Internet

Kecanduan internet ini merupakan salah satu dari dampak negatif internet, karena internet terlalu sering digunakan untuk membuka media sosial ataupun melakukan browsing dan surfing di dunia maya ,akan mengakibatkan kecanduan internet.Memang benar berkomunikasi melalui dunia maya dapat dilakukan dengan mudah kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan selama ada jaringan internet.

Namun jangan sampai internet menjadikan kamu sering berkomunikasi dengan dunia maya,hingga mengakibatkan berkurangnya komunikasi di dunia nyata dengan orang-orang di sekitarmu,jangan sampai penggunaan internet membuatmu menjadi jauh dari dunia nyata.

Kecanduan internet ini dapat kita hindari dengan membatasi penggunaan internet.Misalnya dapat kita lakukan dengan membatasi waktu penggunaan internet hanya beberapa jam saja dalam sehari,membatasi waktu bermain game online dan pembatasan-pembatasan internet lainnya.Sehingga tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat.

Baca juga:4 Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Masa Kini

2.Perjudian

dampak negatif internet
sumber:pexels.com

Berbagai macam konten yang cukup banyak digemari oleh pengguna internet yang salah satunya menjadi dampak negatif internet yaitu konten perjudian ini atau disebut dengan net gaming,permainan ini merupakan game yang menggunakan uang atau barang lainnya untuk ditaruhkan.

Perjudian ini merupakan salah satu konten yang membawa dampak negatif internet seperti kecanduan dan lebih parahnya lagi pengguna bisa mengalami kerugian besar,kehilangan banyak harta bahkan ada yang sampai bisa bangkrut juga.Perjudian ini juga bisa membuat orang tersebut tertimbun hutang yang banyak.

Maka dari itu perlu diperhatikan dan lebih hati-hati lagi dalam penggunaan internet agar tidak terjerumus ke dalam perjudian online ini.

3.Insomnia

Selain dua hal di atas insomnia ini juga merupakan salah satu dari dampak negatif internet,sering terjadi penggunaan internet yang sangat sering dan bahkan sampai larut malam begadang hanya demi bermain game online atau mengecek sosial media akan menjadi suatu kebiasaan yang sangat sulit untuk dirubah,karena seringnya begadang bahkan ada yang setiap harinya seperti itu hanya demi untuk berselancar di internet hal inilah yang akan mengakibatkan insomnia yaitu gangguan yang terjadi tidak bisa istirahat ataupun tidur.

Karena suatu hal kebiasan yang sangat sulit untuk menyingkirkannya maka sebaiknya kita hindari hal yang seperti ini agar tidak mudah terkena dampak negatif internet ini , kita sebaiknya juga membatasi waktu penggunaan internet dan tidur lebih awal untuk mengurangi gangguan insomnia seperti ini.

4.Mengabaikan keluarga dan orang di sekitar

Penggunaan sesuatu secara berlebihan tidak baik dan menimbulkan efek samping juga dampak negatif internet yang satu ini mengakibatkan kita jauh dari lingkungan sekitar dan keluarga,karna ketika kita terlalu sering menggunakan internet secara tidak sadar bisa membuat kita terlalu fokus kepada internet hingga berkurangnya adaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sebenarnya tujuan awal kita untuk menggunakan internet adalah untuk menambah wawasan dan untuk membuka pintu ke dunia baru,akan tetapi tidak menutup diri dari kehidupan nyata.Karena sebagian remaja saat ini menganggap internet adalah teman yang bisa dimiliki,sementara waktu untuk keluarga dan orang sekitar diganti dengan aktifitas seperti browsing internet.Maka dari itu luangkan waktu untuk keluarga dan orang sekitar agar kamu tidak terfokus pada internet,untuk menghindari dampak negatif internet.

Baca juga:10 Contoh Website Online Shop Terbaik

5.Bullying

Selain hal-hal di atas bullying ini juga termasuk salah satu dari dampak negatif internet,bullying tidak hanya dilakukan di dunia nyata seperti di sekolah dan di lingkugan sekitar,hal ini sangat traumatis terutama pada anak,karena seiring zaman internet sudah ada bullying ini dilakukan di dunia maya juga,misalnya seperti memberikan komentar negatif secara masal kepada korban bullying tersebut.

Kita harus menghindari hal ini karna hal ini sangat merugikan korban dan merusak mentalnya, bahkan ada juga yang sampai bunuh diri karna terlalu frustasi dan tidak kuat menghadapi bullying tesebut,karena sebagai manusia kita tidak boleh saling menyakiti manusia lainnya.

sumber:pexels.com

Itulah dampak negatif internet yang mungkin bisa di alami oleh siapapun termasuk kamu juga bisa mengalaminya.Untuk menghindari hal-hal seperti itu sebaiknya kita bisa menggunakan internet sebaik mungkin agar bisa lebih berguna dan bermanfaat karena bagaimun internet jika di gunakan dengan baik akan ada manfaat positifnya juga.Terima kasih telah membaca artikel kami

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x