6 Hal yang harus Diperhatikan saat Belajar Web Design

Sebelum Belajar web design anda harus tau apasih itu web design? web design adalah sebuah bentuk grafis dalam membuat suatu halaman web. Diluaran sana masih banyak orang yang menganggap web design hanya sebuah online jurnalisme. Semakin berkembangnya teknologi diluar sana internet semakin memiliki nilai penting untuk sebuah media, karna itu mulai bermunculan website tiap detiknya.

Setelah mengetahui apa itu web design, mari perhatikan hal-hal yang harus diingat sebelum belajar web design.

1. Penggunaan warna yang tepat

Dalam web design penggunaan warna sangat penting, selain menarik perhatian pengunjung website. Tapi perlu diingat penggunaan warna yang berlebihan juga bisa membuat pengunjung situs akan teralihkan, mengapa demikian? pasalnya warna dapat berpengaruh terhadap pikiran dan perilaku seseorang. oleh karena itu pemilihan warna dalam web design itu sangat penting. Setiap kombinasi warna dalam website harus mampu mewakili karakter yang diinginkan.

2. Teks yang mudah dibaca dan dipahami

Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu teks yang mudah dibaca dan dipahami. Hal ini bisa diterapkan dengan mengkontraskan warna teks dengan background. Pemilihan jenis font,ukuran,dan style font pada teks juga berpengaruh agar pengunjung website kita bisa dengan mudah membacanya. Selain itu pengaturan paragraf dan jarak antara teks dan elemen lain harus konsisten juga perlu di perhatikan. Kemudian penggunaan bahasa yang mudah di pahami dan tidak berbelit juga penting agar pembaca mudah memahami dan tidak merasa bosan.

3.Desain visual yang sesuai

Dalam web design gambar atau image adalah unsur terpenting dalam website. komposisi gambar dengan elemen lain juga harus seimbang, terkadang image harus berukuran besar (fullscreen), apabila komposisi teksnya dalam porsi kecil, dan sebaiknya. Dalam web design komposisi image dan teks nya tergantung tema yang ingin dibuat seperti apa. Jadi bijak bijaklah memilih image agar telihat menarik bagi pengunjung situs website.

4. Layout yang simple dan menarik

Dalam hal ini kebanyakan web designer menggunakan layout yang terlalu rumit dan membosankan sehingga pengunjung situs baanyak yang merasa bosan dan sulit memahami website. Saat anda ingin belajar mebuat web design sebaiknya gunakanlah layout yang simple tetapi menarik anda dapat mengurangi elemen-elemen yang tidak penting, seperti jarak antar elemen-elemen. Layout yang rumit biasanya mempersulit pengunjung mencari sesuatu, penempatan yang tidak tepat, dan urutan tata letak yang tidak sesuai dapat merugikan wed designer.

5.Alur yang mudah dimengerti

Dalam web design alur juga harus diperhatikan. Layout dalam web design harus bisa mengarahkan pengunjung ke sesuatu yang mereka inginkan. Dalam hal ini tidaklah mudah tidak seperti media lain seperti televisi,dan koran, mereka menerima apa adanya. Sedangkan pada website, pengunjung memiliki kendali penuh, oleh karena itu alur website harus mudah dimengerti dan jelas.

6. Menu navigasi yang jelas

Menu navigasi, mungkin anda akan bertanya-tanya apa itu menu navigasi website? menu navigasi website adalah seperangkat link yang pada umumnya mengarah ke halaman internal yang diatur dan disusun dalam sebuah menu. Menu navigasi juga harus menarik agar pengunjung merasa tertarik pada website anda. ada beberapa yang perlu anda ketahui pada menu navigasi :

  • Menu header, menu ini adalah navigasi klasik yang muncul di bagian paling atas setiap situs web.
  • Sidebar, merupakan menu yang sudah biasa digunakan oleh banyak website. Posisi sidebar ini biasanya pada sisi kiri atau kanan konten utama pada website
  • footer, menu ini biasanya terletak pada bawah website. Menu ini biasanya digunakan oleh website-website besar, seperti perusahaan. Biasanya pada menu ini diisi dengan link sosial media perusahaan atau file-file penting lainya.
  • Breadcrums, adalah link navigasi yang muncul di bagian atas halaman website. Elemen ini biasanya banyak digunakan oleh situs-situs web e-commerce.

Sebuah website bisa saja mempunyai beberapa menu/navigasi, tidak ada rumus yang mengharuskan dimana kita meletakkan menu, yang terpenting menu/navigasi sesuai dengan alur dan tema website yang kita buat.

Jadi itu lah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum belajar web design, dari penjelasan diatas anda dapat membuat web design yang anda inginkan yng terpenting adalah anda mampu menjabarkan kretivitas anda dalam sebuah website anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x