4 Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Masa Kini

IT mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata IT, sebenarnya apa manfaat teknologi, teknologi informasi dan komunikasi sangat bermanfaat untuk kehidupan masa kini,jadi apa sih manfaatnya? Untuk manfaat teknologi informasi dan komunikasi sendiri yaitu mempermudah manusia berhubungan secara praktis,cepat, dan Berkualitas. Dan tujuan teknologi informasi sendiri yaitu untuk memecahkan masalah membuka kreativitas, dan meningkatkan efektivitas dalam suatu pekerjaan.

Manfaat teknologi komunikasi dan informasi :

1.Manfaat Teknologi di dalam Bidang Pendidikan

Dalam hal pendidikan mungkin anda sudah banyak tahu manfaat teknologi, misalnya seperti

  • Pembelajaran berbasis komputer
  • Konsultasi dengan pakar melalui jaringan internet
  • perpustakan online
  • e-learning

kenapa saat ini teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan dalam bidang pendidikan? karena manfaat IT nya sangat banyak seperti, informasi yang dibutukan semakin cepat dan mudah diakses dalam hal pendidikan, banyaknya model pembelajaran baru berupa e-learning, kemajuan TIK juga mampu mendorong berkembangnya kelas virtual yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan peserta didik berada dalam satu ruangan.

2. Manfaat Teknologi di Dalam Bidang Bisnis

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak hanya berkembang pesat tapi juga mengalami perubahan yang sangat cepat. Dalam dunia Bisnis pun juga dibutuhkan teknologi informasi dan komunikasi baik secara individu maupun organisasi, mksdnya bagaimana? dengan kemajuan teknologi saat ini sebuah bisnis juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Bisnis tanpa adanya memanfaatkan teknologi informasi tidak akan maju atau mungkin bisa saja bangkrut. Banyak pelaku bisnis diluar sana yang memanfaatkan teknologi informasi demi mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Berikut manfaat teknologi informasi dalam bidang Bisnis :

  • Munculnya peluang bisnis baru (E-Business)
  • Mengurangi biaya produksi
  • Mempermudah proses monitoring setiap karyawan
  • fasilitas komunikasi yang cepat dan praktis

Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa di pisahkan kan karena memberikan banyak keuntungan untuk bisnis itu sendiri. Namun namyak juga oknum-oknum yang menyalah gunakan teknologi dalam hal kurang baik. Oleh karena itu, untuk penggunaanya harus digunakan secara bijak.

3. Manfaat Teknologi di Dalam Bidang Kesehatan

Saat ini teknologi juga merambat ke dalam sektor kesehatan. Banyak sekali manfaat dan kemudahan yang dihasilkan oleh teknologi dalam bidang kesehatan. berikut contoh manfaat nya:

  • Mempermudah Pasien, manfaat yang pertama dari manfaat teknologi di bidang kesehatan adalah mempermudah pasien dalam berbagai hal contohnya, pasien semakin mudah berkonsultasi dengan pakar kesehatan tanpa harus ke rumah sakit, pasien mudah menebus obat tanpa harus datang ke rumah sakit, hal tersebut termasuk memudahkan pasien dengan menghemat waktu dan tenaga.
  • Mempersingkat waktu tunggu/antrean pasien, dalam hal ini mungkin anda sangat membutuhkan karena biasanya pasien akan menunggu berjam-jam untuk mencapai waktu konsultasinya, namun dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi pasien sekarang bisa membuat janji terlebih dahulu lalu melakukan konsultasi secara tatap muka di pelayanan kesehatan.
  • Penyimpanan dan perawatan data menjadi lebih mudah, Manfaat teknologi selanjutnya adalah penyimpanan dan perawatan data menjadi lebih mudah, seperti menyimpan data rekam medis pasien, atau data penting lainya.
  • Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, dengan teknologi masa kini yang semakin maju tentunya kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat juga semakin meningkat. Selain itu, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat bisa ditandai dengan berkembangnya teknologi alat-alat kesehatan yang kan semakin mempermudah dokter mendiagnosa penyakit pasien. Salah satu contoh teknologi yang mempermudah dokter adalah alat pencuci darah. Alat tersebut bisa menjadi pembantu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

4. Manfaat Teknologi di Dalam Pelayanan Publik

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat merupakan semua program pemerintah daerah. Pemerintah daerah saat ini berlomba-lomba memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayan yang prima bagi masyarakat. Pemanfaat teknologi informasi tersebut bisa berupa aktivitas pengolahan data, sistem manajemen, dll. Penerapan teknologi informasi ini diharapkan juga mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien terhadap masyarakat. Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan publik ini bisa memberikan manfaat besar untuk pengembangan suatu daerah. Dimana teknologi tersebut digunakan untuk mempermudah proses pelayanan, memperkenalkan potensi daerah, meningkatkan interaksi masyarakat dan bisnis.

Jadi banyak juga bukan manfaat teknologi informasi dan komunikasi saat ini, mungkin dari yang saya tulis anda bisa mulai memanfaatkan TI di dalam bidang yang anda tekuni saat ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x