Apa itu Laravel? Berikut Pengertian Laravel

Apa kalian tau Laravel dan pengertian laravel, nah sebelum memahami hal itu kita perlu tahu apa itu Framework

pengertian laravel
Sumber:Unsplas.com

Sebelum Kita membahas pengertian laravel kita harus tau dulu tenatang framework. Framework adalah seperangkat struktur dan pedoman konseptual, yang digunakan untuk membangun sesuatu yang bermanfaat. Jadi dapat dikatakan bahwa framework adalah perangkat lunak yang memudahkan programmer untuk membuat aplikasi web.Di dalam sebuah framework ada sebuah program, sebuah program framework adalah sebuah struktur yang dapat Anda gunakan untuk membangun sesuatu. Kerangka kerja perangkat lunak memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai jenis komponen, berkomunikasi dengan API eksternal, dan menentukan struktur aplikasi.
Kerangka kerja perangkat lunak memungkinkan Anda untuk:

  1. Reduce Complexity : Software framework yang memudahkan Anda menghadapi situasi kompleks dan memecahnya menjadi beberapa bagian.
  2. Clean Code : Software framework yang dapat membantu anda menulis kode yang bersih dan dapat digunakan.
  3. Coding Guidelines : Kerangka kerja perangkat lunak yang dapat membuat pengujian lebih mudah dan debugging lebih menyenangkan.
  4. Coding Guidelines :  Software framework yang memaksa Anda untuk mengikuti pedoman ketat untuk mengikuti rekan tim Anda yang mempromosikan basis kode yang konsisten dengan lebih sedikit kesalahan.
  5. Scaling : Software framework yang membantu Anda meningkatkan permintaan. Tidak peduli seberapa cepat aplikasi Anda berkembang, Framework memfasilitasi penskalaan sesuai permintaan.

Pengertian Laravel

pengertian laravel
Sumber:ndukzlabs.com

Laravel adalah salah satu kerangka kerja PHP paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk membangun aplikasi web mulai dari proyek kecil hingga besar. Kerangka kerja ini banyak digunakan oleh pengembang web karena kinerja, fitur, dan skalabilitasnya.Kerangka kerja ini mengikuti struktur MVC (Model View Controller), MVC adalah metode aplikasi dengan memisahkan data dari tampilan berdasarkan komponen aplikasi, seperti: pemrosesan data, pengontrol, dan antarmuka pengguna.Menggunakan arsitektur MVC, Laravel memudahkan untuk belajar dan mempercepat proses pembuatan prototipe aplikasi web. Kerangka kerja ini juga menyediakan fitur bawaan seperti otentikasi, email, perutean, sesi, dan daftar putar.Framework ini banyak digandrungi oleh para web developer, sesuai dengan penjelasan kecil di atas. Keuntungan lainnya adalah Laravel sangat mudah untuk dikustomisasi, dan karena kemudahan ini Anda dapat membuat struktur proyek Anda sendiri yang memenuhi persyaratan aplikasi web Anda.

Fitur Laravel

Nah selain pengertian laravel ada banyak fitur yang tersedia dalam Kerangka PHP modern ini. Di bawah ini adalah fitur framework Laravel yang membedakan framework php ini dengan framework lainnya. Apa saja fitur utama Laravel?

Dependency Managemen adalah fitur yang berguna untuk memahami fungsi wadah layanan (IoC) karena memungkinkan pembuatan objek baru menggunakan refleksi konsol dan merupakan bagian penting dari mempelajari aplikasi web modern.

Modularity, adalah sejauh mana komponen aplikasi web dapat dilepas dan dikompilasi ulang. Modulasi dapat membantu Anda menyederhanakan proses pembaruan. Bukan hanya ini. Saat membuat dan mengembangkan situs web, fitur ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan dan meningkatkan fungsionalitas situs web.

Authentication merupakan bagian integral dari aplikasi web modern, Laravel menyediakan otentikasi di luar kotak, dengan menjalankan perintah sederhana. Anda juga dapat membuat sistem di mana otentikasi berfungsi penuh dan proses konfigurasi otentikasi berjalan secara otomatis.

Caching, adalah teknologi untuk menyimpan data di lokasi penyimpanan sementara dan dapat diambil kembali dengan cepat saat dibutuhkan. Di Laravel, hampir semua data cache berasal dari satu tampilan ke tampilan lain, sehingga dapat mengurangi waktu pemrosesan dan meningkatkan kinerja.

Routing Laravel Routing dapat digunakan untuk membuat aplikasi RESTful dengan mudah. Dalam kerangka ini, semua pesanan ditetapkan dengan bantuan jalur. Anda juga dapat mengelompokkan dan memberi nama jalur, menerapkan filter, dan mengaitkan data formulir dengannya.

Restful Controller adalah fitur yang memisahkan logika dalam layanan HTTP GET dan POST. Anda juga dapat membuat pengontrol sumber daya yang dapat digunakan untuk membuat CRUD dengan mudah.

Testing and Debugging Laravel hadir dengan PHPUnit di luar kotak untuk menguji aplikasi Anda. Kerangka kerja ini dirancang dengan mempertimbangkan pengujian, sehingga mendukung pengujian dan debugging cukup banyak.

Template Engine, engine template Blade Laravel, Blade menyediakan sejumlah fungsi tambahan untuk memformat data Anda dalam format tampilan.

Configuration Management Features, di Laravel semua file konfigurasi disimpan di direktori konfigurasi, Anda dapat mengubah konfigurasi yang tersedia.

Eloquent ORM, Laravel dibangun di atas Eloquent ORM yang menyediakan dukungan untuk hampir semua mesin database. Fitur ini juga berfungsi untuk menjalankan operasi basis data yang berbeda di situs web dan mendukung sistem basis data yang berbeda seperti MySQL dan SQLite.

Nah itu tadi beberpa pengertian dan fitur laravel, jika kamu ingin tau lebih banyak bisa mengunjungi link di bawah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x