Berikut Adalah 7 Kekurangan Laravel dan Kelebihannya

Kekurangan Laravel, seperti yang telah diketahui Laravel adalah salah satu framework PHP yang cukup populer dan banyak digunakan oleh beberapa progamer dalam menyelesaikan projeknya, Laravel dikembangkan dan dibuat oleh Taylor Otwell sebagai upaya untuk memberikan pengganti yang sangat baik untuk kerangka kerja PHP yang lebih tua bernama CodeIgniter. Dan ini karena CodeIgniter tidak menawarkan fitur hebat seperti dukungan untuk otentikasi pelanggan bawaan dan otorisasi pengguna yang tepat. Pada bulan Juni 2011 Laravel merilis versi beta pertamanya, dan kemudian di bulan yang sama, Laravel 1 dirilis. Selain otentikasi, Laravel juga memiliki dukungan bawaan untuk pelokalan, tampilan, menangani sesi, merutekan permintaan ke pengontrol tertentu, dan fitur luar biasa lainnya. Laravel dipilih karena laravel memiliki kelebihan yang memudahkan para progamer untuk menyelesaikan tugas nya agar lebih terstruktur dan efesien. Tak hanya kelebihan Laravel tentunya memiliki kekurangan, apakah kekurangan itu dapat meganggu atau menghambat pekerjaan? mari cari tau, berikut ini adalah beberpa kekurangan Laravel.

kekurangan laravel
Sumber: Pintaar.com

Kekurangan Laravel:

1. Laravel Tidak Mudah Untuk Dipahami

Untuk para pemula akan sangat kesulitan untuk memahami Laravel, ini karena Laravel tidak semudah framework lainnya yang cenderung mudah dipahami, untuk bisa memahaminya diperlukan fokus dan mungkin seorang pengajar yang lebih perpengalaman, jika kalian belajar framework selain Laravel kemungkinan dapat membantu kalian untuk belajar Laravel.

2. Update Versi Laravel Yang Terlalu Cepat

Update Laravel yang terlalu cepat, shingga bagi seorang pemula atau bagi orang yang tidak mengikuti perkembangan Laravel mungkin akan cukup kebingungngan, dan perubahan yang terjadi pada fiturnya pun terbilang cukup pesat. Hal ini membuat para progamer harus beradaptasi lagi pada framework Laravel

Sumber: SantriCoding.com

3. Penginstallan Yang Cukup rumit

Dengan penginstallan yang rumit membuat seseorang menjadi malas untuk mempelajarinya, dan akan lebih memilih framework lainnya dibanding Laravel, bahkan beberpa progamer juga mengeluhkannya, perbandingannya jika menggunakan codeigniter menginstal codeigniter cukup hanya upload dan mengubah konfigurasi pada databese.

Maka tidak dengan laravel apabila kita menyewa hostingyang ada pada temoat lain kita diharuskan mempunyai akses untuk menginstal composernya. Laravel yang ada pada linux dan windows tidak sama, untuk membuat aplikasi pada windows maka untuk mengupload kita perlu jalankan perintah untuk update pada root aplikasi hal ini untuk menyesuaikan laravel pada OS barunya.

4. Kekurangan Laravel Ukuran Yang Berat

Laravel relatif lebih berat jika dibandingkan dengan dengan framework lainnya, dikarenakan laravel memuat lebih banyak asse asset menjalankan aplikasinya.

Sumber: sekawanmedia.com

Kelebihan Laravel

1. Memiliki Komunitas Yang Besar

Laravel memiliki banyak komunitas, tentunya ini membantu karna dengan adanya komunitas kita dapat memperoleh banyak hal, semisal jika kita mempunyai kendala kita bisa menanyakannya pada komunitas, stakoverlow adalah tempat dimana semua permasalahan progaming, disana akan banyak yang menjawab dan mendiskusikannya.

Sumber: Prosus.com

2. Sebuah Dokumentasi Yang Kompleks

Laravel mempunyai sebauh dokumentasi yang cukup kompleks sejak kalian menginstalnya, dan memiliki fitur fitur yang lengkap, dan kita juga dapat melihat dokumentasi yang kompleks di sebuah website, dokumentasi yang ada pada larevel ini bukanhanya berupa sebuah teks tapi juga vidio tutorial yang memudahkan kita dan dapat diakses di manasaja dan kapan saja.

3. Memudahkan dan Mempercepat Pekerjaan

Menggunakan framework Laravel tentusaja dapat mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan atau sebuah projek, ini dikarenakan laravel memiliki sebuah fitur yang membuat sebuah code codingan terstruktur dan ada pada tempatnya sehingga kita tidak perlu repot repot mencarinya jika ada suatu perbaikan.

4. Dukungan Pada Framework MVC

Dengan MVC laravel dapat mengunduh dan mengatur sebuah basisdata seperti input sebuah data kebasis data pembaruan dan mengolala data lainnya dan mengatur sistem UI pada pengguna.

5. Fitur Moderen dan Efesien

Keunggulan Laravel yang tidak ditemui dikebauyakan framework adalah memiliki fitur yang efesien, contoh fitur laravel seperti. Inbuilt Libraries, Eloquent ORM, Keamanan, Artisan. Setiap fitur dalam Laravel memiliki kenunggulannya masing masing yang tentunya untuk memudahkan suatu pekerjaan.

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Laravel, kekurangan dalam laravel cukup menghambat para pemula namun hal ini dapat ditutupi oleh kelebihannya yang memiliki banyak komunitas sehingga para pemula yang ingin belajar laravel dapat terbantu proses belajarnya. Terimakasih telah membaca artikel kami.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x