3 Jenis Domain yang Paling Sering Digunakan

Halo teman-teman bagaimana kabarnya sehat semua kan, kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis domain, di era yang serba digital saat ini pasti kalian tidak asing lagi dengan yang namanya website, membicarakan tentang website pasti kalian pernah dengar yang namanya domain, ada beberapa jenis domain yang beredar saat ini, tapi kita tidak akan membahas semua jenis domain yang ada, nah tapi sebelum itu kalian tau gak sih apa itu domain?

jenis domain
sumber : pexels

Pengertian Domain

Oke jadi domain itu adalah alamat dari sebuah website yang dapat di akses oleh client melalui search engine. Nama domain ini bersifat unik, jadi tidak boleh ada nama domain yang sama antara website satu dengan yang lain. Ada beberapa jenis domain tapi yang paling terkenal adalah domain yang memiliki ekstensi “.com”, domain ini berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah web hosting, tanpa adanya nama domain pasti kita semua akan kesulitan untuk mencari sebuah alamat website yang akan kita tuju karena harus menghafal alamat Ip.

Mungkin itu sedikit penjelasan tentang domain, sekarang lanjut ke topik utama kita jenis domain apa sih yang paling sering digunakan?

berikut ulasannya

1. TLD (Top Level Domain)

Top Level Domain atau TLD merupakan domain tertinggi dalam struktur DNS, kalian pasti gak asing kan dengan .com, .id, .net, .web dan sebagainya dan kalian sadar gak sih kalau itu adalah Top Level Domain, saat ini IANA (Internet Assigned Numbers Authority) mengklasifikasikan Top Level Domain ke dalam tiga jenis yaitu:

ccLTD (country code Top Level Domain)

Adalah jenis domain yang digunakan di dalam suatu wilayah negara tertentu, kalian pasti sering menjumpai kode seperti .id atau .us ketika sedang menelusuri sebuah website, nah itu adalah domain yang di gunakan di setiap negara dan masih ada banyak lagi contoh domain yang ada di setiap bagian negara seperti .id untuk Indonesia, .us untuk United States (Amerika), .jp untuk Jepang, .kr untuk Korea, .cn untuk China dan masih banyak lagi.

jenis domain
sumber : pexels

gTLD (Global Top Level Domain)

Jenis domain ini biasanya terdiri dari tiga huruf atau lebih, gTLD digunakan oleh macam-macam organisasi seperti .com untuk organisasi komersil, kebanyakan gTLD tersedia untuk dapat digunakan secara luas, tetapi untuk .mil (militer amerika serikat) dan .gov (Pemerintahan Federal Amerika Serikat) penggunaanya dibatasi dan hanya dapat digunakan oleh kedua otoritas tersebut untuk alasan historis.

jenis domain
sumber : pexels

Infrastruktur Top Level Domain

Satu-satunya domain yang diterima hanyalah .arpa sementara untuk domain .root masih belum ada kejelasan tentang untuk apa keberadaannya.

baca juga : 10 Contoh Website Online Shop Terbaik

2. SLD (Second Level Domain)

Setelah membahas tentang TLD selanjutnya kita akan membahas tentang SLD, second level domain adalah nama dari website kita sendiri untuk mendaftarkan domain, jadi pada dasarnya sld adalah nama dari website yang kita buat sendiri. Domain ini bisa didaftarkan secara bebas dan biasanya mempunyai masa aktif selama satu tahun.

Sebagai contoh penggunaannya seperti di website ini www.argiacyber.com kata “argiacyber” inilah yang menjadi contohnya.

3. Third Level Domain

Dan yang terakhir adalah thrid level domain tingkatan paling bawah dari kedua jenis domain tadi, terletak di sebelah kiri dari second level domain, untuk yang satu ini pastinya kalian juga sering melihat di banyak website apalagi jika kalian sering menonton film, ketika kalian ingin mencari genre dari sebuah film pastinya kalian akan melihat satu lagi kata(tulisan) yang muncul di sebelah kiri dari second level domain(nama web tersebut), contohnya ketika kalian mencari www.blog.argiacyber.com kata blog inilah yang menjadi third level domainnya. terkadang kebanyakan orang menyebut third level domain ini dengan sebutan subdomain.

kesimpulan

Nah giamana kalian jadi lebih tau kan tentang apa itu domain, jika belum terlalu paham saya ulangi di sini jadi domain itu adalah alamat sebuah website tanpa harus menghafalkan Ip untuk bisa mengaksesnya, tentunya dengan adaya domain ini kita sebagai pengguna bisa lebih diberi kemudahan dalam mengakses internet.

Itulah tiga jenis-jenis domain yang ada saat ini, sebelum kalian memutuskan untuk membeli sebuah domain alangkan baiknya kalian mencari tau dulu tentang apa itu domain dan apa saja jenis-jenis domain yang ada, semoga artikel yang kami tulis ini bisa membantu anda dalam memilih domain ataupun sekedar penambah wawasan bagi kalian semua, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan di artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Untuk kalian yang berminat belajar tentang digital marketing dan membutuhkan jasa seo atau jasa pembuatan web bisa banget kontak ke kita ya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x