Berikut ini Pengertian HTML dan Contohnya

Pengertian HTML dan contohnya sebagai berikut , HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. Bagi yang berkecimpung di dunia gadget dan ilmu komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kode yang ada di dalamnya. HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language.Berbeda dengan orang biasa,mungkin hanya mendengar istilah HTML saja. Tanpa mengetahui pengertian HTML dan kegunaannya yang sebenarnya. Terutama maksud di balik kode terstruktur.Kode HTML memastikan pemformatan teks dan gambar yang tepat untuk browser Internet. Tanpa HTML, browser tidak akan tahu bagaimana menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lainnya.

pengertian html dan contohnya
Sumber: unsplas.com

Berikut ini pengertian HTML dan contohnya beserta fungsinya

Memahami HTML

Selain pengertian html dan contohnya kita harus memahami HTML. HTML adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat halaman web, yang diakses melalui internet. Singkatan dari “Hypertext Markup Language” atau “bahasa markup”.Dilaporkan oleh Techterms, “Hypertext” mengacu pada hyperlink yang mungkin terdapat dalam halaman HTML. Bahasa markup ini mengacu pada cara tag digunakan, untuk menentukan tata letak halaman dan elemen di dalam halaman.HTML disusun berdasarkan kode dan simbol tertentu, yang disertakan dalam file atau dokumen. Sehingga dapat ditampilkan di layar komputer. Dan dapat dipahami oleh pengguna internet.

Memahami setiap kata yang terkandung, hypertext sendiri dimaksudkan sebagai metode yang digunakan untuk memindahkan halaman web ke halaman lain. Setelah mengklik teks atau simbol yang muncul di halaman website.Kemudian istilah markup, didefinisikan sebagai sesuatu yang dilakukan tag HTML terhadap teks di dalamnya. Misalnya, jika Anda mengetik teks dengan tanda tag . Maka teks akan muncul dalam huruf tebal atau bold pada halaman website.Melansir dari Nesabamedia, ‘bahasa’ berarti bahasa pemrograman atau scripting. Disusun dari tag-tag tertentu yang akan diterjemahkan ke dalam teks atau visual yang bisa dilihat di website.Nah itu tadi salah satu pengertian html dan contohnya.

Fungsi HTML

Computerhope, HTML digunakan untuk membuat dokumen elektronik (disebut halaman) yang ditampilkan di World Wide Web (www). Setiap halaman berisi serangkaian koneksi ke halaman yang disebut hyperlink. Setiap halaman web yang Anda lihat di Internet ditulis menggunakan satu versi kode HTML atau versi lainnya.Kode HTML memastikan pemformatan teks dan gambar yang tepat untuk browser internet. Tanpa HTML, browser tidak akan tahu bagaimana menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lainnya. HTML juga menyediakan struktur dasar halaman, di mana Cascading Style Sheets direntangkan untuk mengubah tampilannya.

pengertian html dan contohnya
sumber: unsplas.com

HTML dianggap sebagai tulang (struktur) halaman web, dan CSS sebagai kulit atau tampilan. HTML Jamur Vericot:

  • Fungsi utama HTML adalah untuk membuat halaman website yang dapat dibaca dan dipahami dengan lebih mudah. Semua halaman web di internet, dibuat dengan HTML dan tidak ada pengecualian.
  • Tandai Tech Pada Raman. HTML ditulis pada halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu. Simbol dan tag ini akan membuat teks tampak tebal, miring, bergaris bawah dan sebagainya. Misalnya, jika Anda membuat teks miring atau miring, halaman HTML harus menulis kode, untuk teks tebal dan — untuk teks bergaris bawah.
  • Sebagai situs web dasar. Website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur. Menerapkan Javascript yang dapat ditambahkan ke web, PHP di halaman web, CSS di halaman web. Pengaturan Halaman Web Berbasis Web Ekstensi halaman Pengaturan HTML.
  • Lihat tabel, gambar, video, dan lainnya. Biasanya, pada halaman website atau blog, kita tidak bisa langsung menyisipkan tabel, gambar atau video. Jadi Anda membutuhkan komponen yang ditempatkan di web menggunakan HTML.
  • Tandai item dan buat formulir online. HTML berfungsi untuk menandai bagian-bagian website antara lain header, footer, main, navigasi dan lain sebagainya. Selain itu, HTML juga digunakan sebagai bahasa untuk membuat formulir digital atau formulir online.

Contoh cara membuat HTML

Di bawah ini adalah contoh halaman web dasar yang ditulis dalam HTML dengan deskripsi setiap bagian dan fungsinya. Sebagai bahan utama untuk halaman web dasar. Setiap baris dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

pengertian html dan contohnya
contoh coding html
  • Baris DOCTYPE menjelaskan versi HTML. Halaman tersebut ditulis agar browser Internet dapat menginterpretasikan teks yang mengikutinya.
  • Tag pembuka memungkinkan browser mengetahui bahwa ia sedang membaca kode HTML.
  • Bagian ini berisi informasi tentang halaman, seperti judul, tag meta, dan di mana menemukan file CSS.
  • Bagian ini berisi semua yang bisa dilihat di browser. Misalnya, semua teks yang ditampilkan di sini terkandung dalam tag tubuh.
  • Tag, <title> </title>, adalah judul halaman yang terlihat.
  • Tag,<p> </p> adalah paragraf teks. Sebagian besar halaman web memiliki beberapa tag paragraf.
  • Terakhir, tag <html> </html> penutup membungkus setiap tag di atas.

Sejarah HTML

Selain pengertian HTML dan contohnya ada juga sejarah HTML. HTML pertama kali dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dari European Organization for Nuclear Research (CERN) pada tahun 1990. Bahasa markup atau HTML ini dibuat oleh perusahaan yang menjual hardware dan software yaitu IBM atau International Business Machines.Pada tahun 1980-an, IBM Around menciptakan bahasa yang menggabungkan label atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen. Bahasa yang dibuat oleh IBM dikenal sebagai bahasa markup atau bahasa markup umumDia kemudian menerbitkan ayat HTML pertama yang ditulis oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1993. Dikutip di Washington.edu, banyak ayat HTML yang berbeda telah dimulai. Ayat yang paling banyak digunakan pada tahun 2000-an adalah HTML 4.01, yang menjadi standar resmi pada bulan Desember 1999.

Versi lain, XHTML, adalah penulisan ulang HTML sebagai bahasa XML. XML adalah standar bahasa markup yang digunakan untuk membuat bahasa markup dalam bahasa lain. Ratusan bahasa XML masih digunakan sampai sekarang, termasuk GML (Geographic Markup Language), MathML, MusicML, dan RSS (Really Simple Syndication).

HTML menjadi standar resmi pada tahun 2000 dan implementasinya pada tahun 2002. XHTML sangat mirip dengan HTML, tetapi memiliki aturan yang lebih ketat. Aturan ketat diperlukan untuk semua bahasa XML, karena tanpanya interoperabilitas antar aplikasi tidak mungkin dilakukan.

Sebagian besar halaman web saat ini dibuat menggunakan HTML 4.01 atau XHTML 1.0. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, W3C telah bermitra dengan organisasi lain, WHATWG. Mereka mengerjakan versi baru dari HTML, yaitu HTML5. Pada tahun 2011, HTML5 masih merupakan spesifikasi draft dan belum menjadi standar resmi.

Nah jika kain suka dengan html saya punya rekomendasi konsultan digital marketing yang membahas tentang HTML juga. Jikan anda tertarik kunjungi situs argiacyber.com.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x