9 Tips Membangun Brand Dengan Web Desain

Sebelum membahas tips nya, Anda perlu tahu dulu, apa itu brand? Brand adalah simbol. Simbol adalah desain yang mewakili sesuatu. Dan yang dimaksud brand atau merek secara utuh adalah kombinasi antara asosiasi, pengalaman, dan karakteristik yang menyatu ke dalam satu konstruksi abstrak. Konstruksi ini dapat dibangkitkan menggunakan citra yang konsisten, suara, frase dan logo, yang berbeda dari lainnya. Brand sangat penting karena mereka membantu Anda memenangkan pelanggan dan brand membantu pelanggan membedakannya dengan yang lain. Karena pelanggan tahu apa yang mereka harapkan dan butuhkan dari sebuah brand. Mereka memiliki kekuasaan penuh untuk memilih brand yang memberikan sebuah kepastian. Karena itu tugas Anda untuk menarik perhatian mereka dengan konsep brand yang Anda miliki.

Branding adalah proses kompleks yang dilakukan di berbagai media, mulai dari kemasan produk, iklan tv, radio, majalah, koran, dekorasi interior, dan desain logo. Tentu saja brand juga berlaku untuk desain sebuah website.

Bukan sebuah masalah ketika Anda sedang membangun web yang bernilai puluhan juta rupiah atau sebuah web blog pribadi, tetap saja branding penting untuk alasan seperti uraian di atas. Dalam hal ini, brand membantu membedakan Anda dan membuat web Anda mudah diingat.

Berikut uraian 9 tips membangun brand dengan desain website :

1. Warna Pemilihan palet warna yang baik sangat penting dalam branding. Warna tidak hanya soal estetika. Warna dapat merangsang berbagai emosi disertai dengan asosiasi bawah sadar untuk berbagai hal dan karakteristik. Warna juga mempengaruhi keterkaitan dengan tren desain yang berlaku dari waktu ke waktu. Contoh, warna merah melambangkan gairah, energi, kekuatan dan kegembiraan. Karena itu biasanya warna ini digunakan untuk industri hiburan. Warna lain membawa asosiasi dan efek yang berbeda. Misal warna hijau melambangkan alam, lingkungan, keuntungan, uang dan kesehatan. Ini juga merupakan warna yang menenangkan, seperti di rumah sakit, yang sering menggunakan unsur warna hijau pucat.

Ketika memilih warna untuk brand Anda, teliti efek dan asosiasinya untuk melihat apakah sesuai dengan karakter produk atau usaha Anda. Kemudian warna juga berkaitan dengan misi apa yang sedang Anda bawa untuk ditunjukkan ke pasaran. Namun perlu diingat juga, budaya yang berbeda dapat mengaitkan warna yang sama dengan hal-hal yang berbeda.

Lenovo misalnya, menggunakan unsur warna modern, kombinasi biru, merah dan hitam yang di komposisikan sedemikian rupa di dalam keseluruhan webnya.

lenovo-example-web-desain

2. Emosi Emosi adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika membangun brand. Anda ingin orang-orang mengalami emosi seperti apa ketika mereka mengunjungi web Anda? Anda ingin mereka mengasosiasikan hal apa tentang brand Anda? Itu yang perlu dipertimbangkan. Memperhatikan estetika sebuah web tidak melulu harus mengikuti tren desain yang ada. Fokuskan pada emosi dan ide-ide yang ingin Anda ungkapkan pada brand untuk proyek Anda.

Stormfront Productions misalnya, antara misi yang tertulis dengan tampilan visual yang berkaitan ini menguatkan brand sebagai sesuatu yang bersifat kuat, komit dan penuh dengan passion.

stormfront-example-web-desain

3. Karakter Apakah brand Anda sudah berkarakter? Menanamkan brand Anda dengan sedikit kepribadian dapat membantu Anda menentukan untuk apa hal ini dibuat. Apakah brand itu tentang stabilitas dan keamanan, sehingga pelanggan merasa bisa bergantung Anda? Atau brand yang berkarakter fun, down to earth atau yang lain?

Misalnya saja ketika kita melihat kaum sosialita yang suka menggunakan produk-produk bermerk untuk mendefinisikan diri mereka.

sosialita-example-web-desain

Jadi, bentuk karakter brand Anda terhadap sesuatu yang diinginkan pelanggan untuk mengasosiasikan diri mereka dengan sebuah brand.

Antropomorfisme adalah atribusi karakteristik manusia untuk hal lain seperti binatang atau benda. Menanamkan brand Anda dengan unsur-unsur antropomorfik adalah cara yang baik untuk memberikan karakter.

Twitter misalnya, si burung biru ini menjadi maskot yang terbukti sangat efektif. Beberapa media custom dan website biasanya menciptakan maskot ini bervariasi sesuai dengan yang mereka inginkan. Maskot-maskot ini terlihat ada perbedaan namun dapat langsung dikenali.

twitter-maskot-example-web-desain

4. Konsistensi Untuk membangun brand yang sukses, Anda harus membuatnya mudah diingat. Bagaimana cara agar mudah diingat? Pengulangan. Konsistensi seluruh desain web Anda akan membangun pada pilihan yang Anda buat sebelumnya mengenai memilih karakteristik dan membangun emosi yang tepat untuk brand Anda. Jaga konsistensi warna, visual, dan tipografi untuk memastikan website Anda memproyeksikan gambar yang seragam.

Wardah secara konsisten mengintegrasikan beberapa elemen brand di seluruh media pemasaran mereka, yang meliputi palet warna sian soft, clean background dengan ilustrasi yang berkesan lembut.

wardah-example-web-desain

5. Gunakan Lagi Kode dan Visual Visual dan tata letak yang konsisten memungkinkan Anda untuk menggunakan kontennya lagi, baik itu stylesheet atau gambar. Ini berarti bahwa browser pengguna akan memuat konten situs Anda lebih cepat, browser pengguna tidak perlu men-download lagi teks maupun gambar lama dan CSS sudah disimpan dalam cache.

Cara berikutnya seperti yang dilakukan Apple.com, mengintegrasikan logo mereka dengan bar navigasi, menanamkan brand mereka ke dalam desain halaman.

apple-example-web-desain

6. Ukuran dan Posisi Logo Pada umumnya posisi logo sebuah website adalah di kiri atas halaman home. Itulah daerah dimana kebanyakan orang akan melihat situs apa yang mereka kunjungi. Selain itu, ini adalah cara terbaik untuk menghubungkan gambar logo ke halaman home sebuah website. Unsur lain yang juga penting berupa ukuran logo. Pastikan logo Anda cukup besar untuk menjadi pusat perhatian pengunjung web, sehingga mata mereka langsung tertuju pada logo Anda.

UX Booth sebagai contoh bagus, sudah bisa dipastikan ketika kita masuk ke halaman ini, mata kita tertuju pada desain logo yang juga memiliki warna yang kontras.

ux booth-example-web-desain

7. Nilai Proposisi Ketika pengunjung tiba di web Anda untuk pertama kalinya, mereka mengambil beberapa detik pertama untuk menyesuaikan diri. Apakah ini web yang tepat, menarik, dan tentang apa? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus memberikan proposisi nilai yang jelas dan ringkas kepada pengunjung. Proposisi nilai ini bisa berupa pernyataan singkat di lokasi yang menonjol pada halaman home. Bisa jadi terletak di sebelah logo website, sehingga ketika pengunjung baru membaca judul situs, mereka akan mengikuti proposisi nilai. Dengan sedikit kata yang menjelaskan apa manfaat situs Anda untuk pengunjung, sehingga pengunjung tidak hanya tau web Anda tentang apa, tetapi juga mengapa mereka harus tetap menggunakannya.

evernote-example-web-desain

Evernote misalnya, dengan kalimat singkat ini, sudah sangat jelas apa fungsinya bagi pengunjung. Namun mungkin untuk beberapa kasus kurang mengena jika hanya menggunakan kalimat sependek itu. Misal, Geekdom, yang menjelaskan secara detail tentang website tersebut.

geekdom-example-web-desain

8. Tone of Voice Penggunaan bahasa pada website perlu untuk memperkuat karakter dan kepribadian brand Anda. Jika brand Anda ramah dan down to earth, kemudian audien Anda kalangan muda, maka nada informal dan menyenangkan dapat bekerja dengan baik disini. Fitz misalnya, menggunakan tata bahasa yang santai untuk menunjukkan profil dan kepribadiannya sebagai seorang illustrator.

fitz-example-web-desain

Di sisi lain, jika Anda membuat website sebuah pemerintah, nada bahasa harus lebih formal. Ini bukan hanya tentang apa yang Anda sampaikan, ini tentang bagaimana Anda menyampaikannya. Anda dapat menyampaikan hal yang sama dalam nada yang berbeda dan mendapatkan makna yang sama, tapi kepribadian suara ini akan berbeda, jadi pilihlah nada suara yang sesuai dengan karakter brand Anda dan audiens. the white house-example-web-desain

9. Keunikan Dari delapan hal diatas, ada satu lagi yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika membangun brand : keunikan. Jika usaha Anda memiliki banyak pesaing di luar sana, maka kesan yang harus Anda tanamkan kepada pengunjung web. Kesan yang akan membuat pengunjung mengingat web Anda sekaligus membedakannya dengan pesaing Anda. Dengan upaya extra untuk membuat gambar yang unik, Anda akan menonjol di antara para pesaing dan Anda akan lebih mudah diingat. Dan itu berarti kesempatan besar bagi audien untuk kembali mengunjungi web Anda. Casey Britt misalnya, dengan desain simple clean dan gambar sosok yang memiliki wajah di gelapkan misterius, berusaha memberikan kesan berbeda dan mudah diingat audien. caseybritt-example-web-desain Jadi, membangun brand yang kuat itu penting, tidak hanya untuk perusahaan besar, tetapi juga untuk perusahaan kecil, bahkan situs pribadi dan blog. Branding membantu orang membedakan persaingan web-web dan menilai sebuah kualitas dengan cepat. Website adalah platform yang sangat baik untuk membangun brand Anda. Pastikan untuk memanfaatkan semua teknik diatas untuk membuatnya kuat dan efektif. Selamat berusaha membangun brand dan semoga sukses. 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x