Keuntungan Desain Web Responsif

Sekarang ini perkembangan teknologi pengakses internet begitu pesat. Berbagai macam gadget semua support akses internet. Hal ini semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan jaringan internet. Seperti kita tahu, hampir semua orang memiliki gadget kesayangan, entah itu smartphone maupun tablet. Nah melihat fenomena akses internet melalui berbagai platform ini, para web designer pun berpikir untuk memberikan support yang memadai, berupa desain website yang bisa menyesuaikan dengan berbagai platform. Jadi website tidak hanya terlihat rapi ketika di buka di layar komputer, tapi rapi juga ketika di buka melalui mobile gadget.

Untuk memastikan tampilan website terlihat rapi baik di komputer, smartphone maupun tablet, web designer mendesain web menggunakan tehnik responsive web desain (RWD).

Responsive Web Design yaitu teknik untuk desain dan coding website yang mempermudah navigasi dan pembacaan dengan penggeseran dan perubahan ukuran dari satu media ke media yang lain.

Coba lihat gambar dibawah ini. Saya tes sebuah website kerajinanbatok.com pada ami.responsivedesign.is, dan begini hasilnya.

responsive web design
responsive web design

Ini menunjukkan sebuah website di desain secara responsive. Jadi ketika kita membuka website melalui PC, Laptop, Tablet maupun smartphone, tampilan website tetap terlihat rapi, walaupun dengan layout yang berbeda.
Keuntungannya :
– Rapi dan nyaman dibaca. Jika web tidak responsive, pengakses web melalui smartphone akan disibukkan dengan menggeser web ke kanan ke kiri untuk melihat tampilan secara keseluruhan. Sebaliknya dengan web responsive, tidak perlu geser kanan-kiri sudah bisa melihat web dengan baik.
responsif-vs-no-responsif
– Hemat Biaya. Desain web responsive memang sedikit lebih mahal dari web biasa. Namun jika anda ingin memaksimalkan tampilan website Anda untuk 3 versi desain (versi PC, versi tablet, versi smartphone) tentu saja ini menghabisakn banyak biaya sekaligus waktu.
– Bisa diandalkan. Dengan Responsive Web Design, web developer hanya melakukan sekali desain dan sekali coding sudah bisa menyesuaikan untuk semua media. Anda tidak ingin calon pelanggan potensial Anda beralih ke web lain karena melihat halaman yang kacau saat buka web Anda bukan?
– Rapi di berbagai OS. Web dengan desain responsive bisa diakses semua pengguna gadget lintas OS (Android, iOS, Blackberry, Windows, Ubuntu). Jika website bisa dibuka dengan mudah oleh semua pelanggan, maka sudah pasti akan mendapatkan efek positif, entah pada penjualan maupun eksistensi usaha Anda.
os
Dari beberapa keuntungan diatas, sudah bisa dipastikan memiliki website dengan responsive design akan sangat menguntungkan untuk Anda dan kelangsungan usaha Anda terlebih di dunia internet. Jadi tunggu apa lagi, segera konsultasikan usaha Anda kepada web developer yang mendukung responsive web design.

Comments (1)

[…] tidak menyenangkan bagi pengunjung web. Karena itu buatlah website Anda dengan mengadopsi teknologi responsive design yang dapat dipastikan ini akan bekerja baik pada berbagai ukuran […]

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.