JavaScript: Pengertian Javascript dan Fungsinya

Pengertian javascript. Javascript merupakan bahasa pemrogaman yang terbilang sangat sering digunakan untuk membuat berbagai website, game, aplikasi sosial media, dan masih banyak lagi. Javascript bisa membuat suatu fitur menjadi lebih menarik, sehingga pengguna menjadi betah dan merasanyaman, tidak hanya itu jika anda mengusai javascript anda dapat menjadi suatu devoleper dari game yang berbasis online. Biasanya javascript dikolaborasikan dengan HTML dan CSS. HTML bisa digunakan untuk membuat struktur dari suatu website sedangkan CSS berperan untuk membuat style website, lalu Javascript digunakan sebagai fitur interaktif agar para pengunjung nyaman.

Sumber: Nesabamedia

Sejarah JavaScript:

Awalnya JavaScript merupakan bahasa pemrogaman yang hanya dapar bekerja pada sisi fornt end. Di rancang oleh Brandan Eich dalam waktu sepuluh hari. Brandan Eich merupakan karyawan Netscape. Saat September 1995. Di ketahui JavaScript telah berganti nama sebanyak tiga kali nama pertamanya adalah Mocha lalu bergan nama lagi menjadi Mona setelah itu menjadi LiveScript lalu diresmikan menjadi JavaScript, di tahun 1996 JavaScript resmi menjadi ECMAScript, ECMAScript mempunyai 3 versi pada tahun 1998 ECMAScript 2 rilis kemudian pada tahun selanjutnya ECMAScript 3 muncul, ECMAScript kemudian terus dikembangkan hingga menjadi JavaScript saat ini. JavaScript terus berkembang hingga kemudian pada tahun 2016 sebanyak 92% website telah menggunakan bahasa pemrogaman JavaScript.

Pengertian JavaScript
Sumber: unsplash.com

Pengertian JavaScript: Kekurangan dan Kelebihan JavaScript

Kekurangan:

Setiap hal pasti memiliki banyak kekurangan, begitupun bahasa pemrogaman. Dikarenakan semakin populer dan meluasnya JavaScript maka tidak mencegah kemungkinan akan mengundang berbagai hacker dan lain sebagianya, tntunya hal ini sangat berbahaya karna dapat mengakibatkan ha hal buruk terjadi, berikut beberapa kekurangan dari JavaScript:

  • Sangat beresiko tinggi terhadap eksploitasi
  • Dapat disalah gunakan dengan cara memasukan code code berbahaya yang membahayakan pengguna
  • Beberapa browser dan perangkat tidak mengsupport bahasa pemrogaman JavaScript

dan masih banyak lagi kekurangan JavaScript

Kelebihan:

Banyak kelebihan JavaScript yang sanga memudahkan para pengguna, kelebihan yang ada pada JavaScript mampu memikat pasar dan mengalahkan para pesaingnya. Berikut ini adalah kelebihan JavaScript:

  • Mudah untuk dipelajari dan dimengerti
  • Lebih ringan dan cepat
  • Bisa digunakan oleh banyak browser yang populer
  • Tidak membutuhkan compiler karna browser dapat menafsirkannya sebagai HTML
  • Menggunakan JavaScript dapat membuat website lebih interaktif dengan usernya

dan masih banyak lagi kelebihan dari JavaScript

Fungsi JavaScript

Ada banyak fungsi JavaScript diantaraya:

1. Membuat Sebuah Game

JavaScript dapat membuat dan mengembangkan suau game, tapi hal ini terbatas karena JavaScript hanya dapat membuat game berbasis online. Meskipun dengan kekurangan demikian seorang devoloper dapat dimudahkan dikarenakan seorang devoleper tidak perlu menginstall gamenya tapi hanya perlu membukanya dari suatu browser.

2. Membuat Aplikasi Mobile

Tidak hanya cocok untuk membuat game tapi JavaScript juga efektif pada pembuatan aplikasi mobile, pembuatannya melibatkan framework, tentunya setiap bahasa pemrogaman menggunakan framework JavaScript pun juga demikian, biasanya JavaScript menggunakan framework React Native, frmaewarok sangat diperlukan jika tidak akan semakin ribet.

3. Website Lebih Interaktif

Tidak hanya aplikasi dan game tapi JavaScript juga dapat membuat suatu website lebih interaktif. Contoh nya adalah pada aplikasi atau website Google Earth, pengguna dapat melakukan zoomin atau zoomout, bahasa pemrogaman JavaScript juga dapat mewujudkan hal tersebut.

4. Membuat Back-End

Tampilan web yang interaktif dan lebih menarik hal tersebut berfokus pada pengalaman pengguna. JavaScript juga sangat berfungsi mengembangkan Back-End. Di tempat ini lah suatu kode dituliskan agar suatu website teraplikasikan dengan baik. Node.js adalah platform yang berguna untuk server-side progaming.

5. Slide Presentasi

Seperti PowerPiont JavaScript juga bisa dioprasikan untuk keperluan presentasi, bahkan presentasi tersebut dapat dibuat sebagai suatu website.

Itu adalah beberapa fungsi dan pengertian JavaScript dari JavaScript. Sebenarnya masih banyak fungsi dari JavaScript, jika memang tertarik dengan JavaScript anda dapat belajar dari dasarnya terlebih dahula agar tidak bingung, atau disarankan anda bisa memulai khursus dengan seorang yag berpengalaman atau membeli buku buku yang berlisensi. Terimakasih telah membaca artikel kami.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x