Mengapa Website Anda Saat Ini Harus Mobile Friendly ?

Pertanyaan diatas berkaitan dengan algoritma terbaru Google : Mobilegeddon.

Terdengar seperti judul film tentang sebuah bencana, Armageddon. Lantas apakah ini merupakan sebuah bencana yang dikirim Google untuk para pengembang website? Hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena Google memberikan peringatan sekaligus tip tentang bagaimana mempersiapkannya sebelum hari H dimana mereka memberlakukan algoritma terbaru mereka. Artinya Google ingin para pengembang bergerak menuju mobile friendly.

mobilegeddon - mobile friendly
mobilegeddon – mobile friendly

Formula baru ini akan memberikan dorongan pada hasil pencarian organik di Google untuk website yang dirancang mobile friendly / tampil cantik pada smartphone, sementara akan mengubur website yang tidak mobile friendly.

Beberapa bulan terakhir Google telah mengadakan uji coba tentang hasil pencarian yang dilakukan menggunakan smartphone. Hasilnya sangat luar biasa, sehingga pada 21 April 2015 lalu, Google secara resmi meluncurkan algoritma mobilegeddon.

Jika Anda perhatikan ketika “googling” menggunakan smartphone, Anda akan menemukan deretan result seperti pada gambar di bawah ini.

mobile friendly - mobilegeddon
mobile friendly – mobilegeddon

Teks “mobile friendy” yang tercantum di depan konten web memberikan petunjuk kepada user bahwa website tersebut tampil baik di smartphone. Kalau saya user-nya, jelas saya akan memilih website yang mobile friendly, karena mudah dibaca tanpa perlu zooming halaman tersebut, tinggal scroll up-scroll down, dan mudah menelusuri isi website dengan hanya menyentuh tombol-tombol secara leluasa tanpa perlu kuatir salah sentuh.

Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly?

Mungkin sudah, tapi belum maksimal.

Untuk mengetahui jawabannya secara pasti, Anda bisa melakukan cek menggunakan tools yang disediakan Google berikut :

https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Caranya :
1. Masukkan link URL website anda pada kolom yang tersedia
2. Tekan tombol “analyze”
3. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika Anda mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini, maka website Anda sudah mobile friendly.

Mobile Friendly Test
Mobile Friendly Test

Namun jika mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini, maka Google akan memberikan informasi, mengapa web Anda tidak mobile friendly.

Mobile-Friendly-Test
Mobile-Friendly-Test

Poin evaluasi itu diantaranya :
– teks terlalu kecil
– jarak antar link terlalu dekat
– konten lebih lebar dari ukuran layar
– dll

Tentu saja ini akan sangat membantu kita mengetahui kekurangan pada website yang kita miliki.

Jika memang website kita belum mobile friendly, apakah yang harus kita lakukan?

Jika Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menjaring lebih banyak lagi pelanggan yang saat ini sebagian besar sudah broswing menggunakan perangkat mobile, maka update lah website Anda. Coba konsultasikan kepada web developer Anda, bagaimana baiknya.

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.