Strategi Jitu Promosi Toko Online

Memiliki toko online yang “menghasilkan” bukan perkara mudah. Hal ini karena diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang lebih dalam menjalankannya daripada mengelola sebuah toko sederhana. Kita harus berjuang keras setiap waktu untuk memperoleh kunjungan online.

Internet sudah berkembang pesat tiada henti. Hal ini sangat menguntungkan karena semakin meningkatnya pengguna internet di era globalisasi saat ini. Namun selain itu, tentu saja juga menimbulkan persaingan ketat dalam bisnis online. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai strategi khusus yang membuat orang terus berkunjung dari hari ke hari hingga pada akhirnya membeli. Jangan sampai Bisnis Online Anda membosankan sehingga sepi pengunjung, hingga tak menghasilkan apapun.

strategi-jitu-promo-toko-online

Di bawah ini ada beberapa kiat khusus menurut Dr. Freddy Rangkuti yang dapat Anda pertimbangkan agar toko online Anda ramai pengunjung dan tentu saja dapat meningkatkan penjualan.

  • Iklan Online Gratis

Saat ini sudah menjamur iklan online gratis yang dapat Anda manfaatkan. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan. Anda cukup mendaftar ke situs tersebut dan buatlah iklan produk Anda. Namun, bila Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya Anda menggunakan Facebook Ads untuk iklan bisnis Anda. Karena jejaring sosial facebook dapat menempatkan iklan Anda sesuai target pasar yang ingin Anda raih. Misalkan saja, Anda menjual produk kecantikan dan fashion korea, maka facebook akan meletakkan iklan Anda di halaman pengguna wanita. Sangat menarik bukan?

  • Sales promotion (promosi penjualan)

Strategi promosi untuk toko online dapat Anda terapkan dengan cara memberikan bonus, potongan harga, games-games seru untuk mendapatkan voucher belanja. Anda juga bisa memberikan free ongkir untuk pembelian dalam jumlah tertentu atau mengadakan kuis untuk memperebutkan merchandise yang berkaitan dengan produk Anda. Gunakan trik ini dalam batas waktu tertentu  saja, karena kalau diadakan secara terus-menerus tentu sudah takkan menarik lagi.

  • Public relations (humas)

Strategi dalam public relations secara online yang dapat Anda terapkan yaitu dengan menampilkan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen sekaligus cantumkan jawabannya. Hal ini biasa disebut sebagai “Frequently Asked Questions” atau FAQ. Sediakan pendaftaran untuk menerima e-newsletter, testimoni pengunjung atau buku tamu online, rekomendasikan situs Anda kepada orang lain, atau berikan kartu pos online secara gratis dalam bentuk file yang mudah didownload.

  • Direct marketing

Anda bisa membangun hubungan langsung dengan pengunjung dengan menyediakan informasi-informasi di bawah ini:

~ Nomor Telepon/Fax

~ Alamat Kantor

~ Alamat Email

~ Formulir Kritik dan Saran

~ Site Map

~ Search Index

~ Link ke Media Sosial

~ Kalender Kegiatan

~ Informasi Cuaca

~ Animasi atau hiburan

~ Fasilitas Translate ke Berbagai Bahasa

  • Personal selling

Strategi yang dapat Anda terapkan dalam personal selling secara online yaitu menyediakan fasilitas untuk melakukan pembelian/order secara online dengan menampilkan menu “order” atau “purchase”, “keranjang belanja” atau “shopping cart”, kemudian “go to cashier”. Berikan pilihan pembayaran secara online misalnya menggunakan kartu kredit, Paypal, dan sebagainya. Tidak ada salahnya juga jika Anda memberikan pilihan berbagai layanan jasa pengiriman misalkan Kantor Pos, JNE, Tiki dan lain-lain.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x