5 Alasan Kenapa Website E-Commerce Anda Harus Responsive ?

Beberapa tahun yang lalu, mungkin kita tidak perlu memikirkan bagaimana tampilan website kita pada ponsel, tablet atau perangkat lain dengan ukuran layar yang berbeda. Sementara hari ini, teknologi informasi dunia telah berubah. Dan sekarang ada begitu banyak ukuran layar yang harus diperhatikan oleh pemilik website maupun designer website.

Seperti sudah kita ketahui, selama dua tahun terakhir ini semakin banyak orang yang mengunjungi website menggunakan mobile device di genggaman mereka. Karena dengan ponsel mereka bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan kapanpun dan dimanapun. Mengkonversi desain website Anda akan menjadi penting, karena ini adalah kesempatan untuk website atau toko web agar lebih berpotensi. Jadi, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis online, penting untuk menyesuaikan desain website konvensional Anda ke dalam desain responsif. Mengapa desain web responsif? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan.

desain-responsive

Tampilan Fleksibel

“Memastikan website Anda bekerja dengan baik dan rapi di semua layar, termasuk netbook, tablet atau smartphone”

Desain web responsif adalah konsep sebuah website yang mampu beradaptasi menyesuaikan tampilan pada berbagai ukuran perangkat. Ini membantu tata letak selalu berubah sesuai dengan resolusi layar pengguna. Desain ini tidak hanya mempengaruhi tata letak, tetapi juga gambar, video dan jumlah content yang ditampilkan pada sebuah halaman. Kuncinya adalah untuk menjaga elemen-elemen penting sehingga memastikan website Anda bekerja dengan baik dan rapi di semua layar, termasuk netbook, tablet atau smartphone.

Rekomendasi Google

“Google berbagi fungsi responsive design tentang pengoptimalan web untuk smartphone”

Desain website responsive sangat direkomendasikan oleh Google, Anda dapat membaca alasannya di web Google, tentang pengoptimalan web untuk smartphone. Di dalamnya membahas tentang saran dari Google untuk para webmaster yang ingin menyajikan konten dalam format yang dioptimalkan untuk pengguna desktop maupun smartphone, dan memberikan catatan tentang kesalahan umum yang harus Anda hindari.

Admin Friendly

“Tidak perlu sibuk mengatur tampilan untuk berbagai ukuran layar pengakses. Biar sistem yang bekerja”

Anda tidak perlu kerepotan saat mengupdate artikel, melakukan setting agar artikel dan konten-konten Anda dapat diakses dengan mudah oleh pengguna device yang berbeda seperti tablet dan smartphone. Karena desain web responsive telah dirancang untuk memudahkan Anda mengelola website e-commerce Anda.

Navigasi yang User Friendly

“Membantu pengunjung atau pelanggan untuk menavigasi situs dengan mudah dalam tampilan terbaik pada perangkat apapun”

Sudah menjadi rahasia umum, Indonesia merupakan 5 besar pengguna smartphone terbesar di dunia. Mayoritas masyarakat kita lebih suka mengakses internet melalui ponsel pintar mereka. Jika website Anda sudah responsive, hal itu tentu menarik mereka untuk menjelajahinya. Orang akan mengunjungi website Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka, karena seperti yang sudah dijelaskan, desain responsive memudahkan pengguna mengakses konten yang mereka cari. Memiliki desain web responsif akan membantu pengunjung atau pelanggan untuk menavigasi situs dengan mudah dalam tampilan terbaik pada perangkat apapun yang mereka gunakan.

Optimalisasi SEO

“Lalu lintas pengunjung web akan berpusat pada satu website”

Aspek penting lainnya untuk situs e-commerce adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO harus disimpan sesuai dengan desain dan pengembangan. Desain web responsive meningkatkan manfaat lain untuk situs Anda, karena Anda hanya akan membuat satu situs untuk semua perangkat, semua lalu lintas dikumpulkan ke situs Anda saja. Ini adalah cara yang lebih baik dari perspektif SEO daripada memiliki situs yang berbeda untuk perangkat yang berbeda, karena setiap lalu lintas untuk situs yang berbeda akan bersaing satu sama lain.

Kesimpulan 

Desain website responsive adalah cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menarik dan memaksimalkan SEO. Sebenarnya ini bisa dibilang menghemat pengeluaran untuk mendanai pembuatan website juga. Karena Anda tidak perlu membuat website dengan versi yang berbeda. Cukup satu web untuk fungsi maksimal. Dan jangan biarkan pelanggan Anda lari ke toko online lain hanya karena web Anda masih tampak ketinggalan jaman dan kurang fleksibel pada mobile device mereka. Mereka akan lebih suka melakukan transaksi melalui ponsel dalam genggaman tanpa harus repot-repot membukanya melalui komputer. Maka kemungkinan terjadinya transaksi penjualan lebih terbuka lebar. Dengan demikian, mengubah desain toko online Anda ke dalam desain responsif akan menjadi solusi terbaik bagi Anda.

Sudahkah website e-commerce Anda menggunakan desain responsive?

Jika belum pertanyaannya sekarang adalah, bisakah website konvensional (belum responsive) di konversi menjadi web responsive? Anda akan menemukan jawabannya pada artikel kami sebelumnya tentang “Dapatkah Mengkonversi Website Konvensional ke Desain Responsif?

Related Posts

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.