10 Alasan Anda Harus Memiliki Website

Tahun 2014 dunia usaha menggeliat dengan semakin banyaknya bisnis-bisnis baru yang bermunculan, baik bisnis barang atau jasa di bidang formal ataupun informal. Bersamaan dengan itu fasilitas Internet di Indonesia juga semakin baik. Di sekitar anda pasti banyak yang beranggapan sudah saatnya memanfaatkan internet untuk berbisnis, namun di sisi lain banyak juga pengusaha yang merasa tidak ada alasan usahanya menghambur-hamburkan uang untuk membuat website, apalagi bagi usaha yang masih berkembang. Walaupun sudah banyak yang tahu bagaimana bentuk website tapi belum banyak yang tahu apa manfaat website bagi bisnis yang kita jalani. Yang paling penting, website adalah media murah tapi sangat efektif untuk mengkomunikasikan ide dan memperluas cakrawala pandangan Anda secara global. Kali ini kami akan memberikan 10 alasan yang mungkin dapat membantu pertimbangan Anda untuk membuat website pada bisnis Anda:

Kompetitor Anda Sudah Memiliki Website

10 Alasan Anda Harus Memiliki Website-kompetitor anda sudah memiliki website

Jika Anda berada dalam persaingan langsung dengan bisnis lain yang memiliki website, mereka lebih memiliki keuntungan yang jelas, terutama jika mereka secara khusus sering mempromosikan situs web mereka. Tidak percaya? Cobalah buka Google dan masukkan produk atau jasa yang Anda tawarkan sebagai kata kunci pencarian. Lihatlah hasilnya, karena yang muncul di halaman pertama Google adalah kompetitor Anda yang menawarkan produk serupa dengan Anda. Ingin bersaing dengan mereka? Tanpa website ya jangan harap bisa menang. Website yang berkualitas menunjukkan kekuatan bersaing Anda dengan kompetitor di hadapan pelanggan.

Website adalah katalog online bagi produk Anda

 alasan-anda-harus-memiliki-website-katalog-produk

Jika Anda memiliki bisnis, entah itu menjual barang maupun jasa, baik formal maupun informal, Anda pasti membutuhkan brosur atau katalog untuk memudahkan konsumen mengenali produk Anda. Selain itu brosur merupakan cara praktis untuk mengiklankan produk Anda. Namun perlu Anda ingat, membuat brosur bukan hal yang murah dan mudah, apalagi jika brosur tersebut harus full color agar tampak jauh lebih menarik minat calon konsumen. Selain memakan biaya yang tidak sedikit, brosur cetak yang Anda buat dengan merogoh keuangan bisnis tersebut akan terbuang sia-sia jika Anda terus meng-update brosur Anda. Nah, Website adalah tempat yang mudah, cepat dan murah untuk meng-update brosur bisnis Anda dibandingkan brosur cetak. Anda bisa mengganti informasi brosur produk bisnis Anda kapan saja. Tentu saja hal ini juga menghemat biaya cetak dan distribusi brosur.

Website membuat bisnis Anda buka 24 jam seminggu

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-website-membuat-anda-buka-24-7

Berapa jam operasional Toko Anda? 12 jam? Website membuat jam operasional bisnis Anda menjadi 24/7 (24 jam sehari dan 7 hari seminggu). Banyak orang surfing di malam hari ketika kebanyakan bisnis ditutup, dan mereka dapat menemukan bisnis Anda jika anda mempunyai website. Anda dapat berkomunikasi dengan orang di luar sana kapanpun, bahkan di luar jam operasional bisnis Anda. Mereka dapat menemukan produk Anda secara online, mengetahui bentuk bisnis dan katalog produk Anda dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan walaupun Anda sedang tidur sekalipun.

Meraih market baru dengan pengunjung global

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-pengunjung-global

Dengan Website, bisnis Anda bukan hanya dikenal secara lokal, namun tentu saja secara global. Bisnis Anda berpotensi dikenal oleh jutaan bahkan milyaran orang dari seluruh dunia. Di website, tidak peduli apakah orang itu berada ratusan mil dengan anda, mereka bisa melihat website anda sama persis seperti orang lain di sisi anda tanpa biaya tambahan apapun. Telepon dan surat memungkinkan anda untuk berhubungan jarak jauh namun tentu saja dengan biaya yang sangat besar tergantung jarak anda dengan penerima, namun dengan website Anda, Anda bisa berbagi informasi dan berhubungan dengan siapapun tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan ataupun usaha lebih berat. Ya, Internet adalah tempat yang paling efektif jika anda ingin memperluas target market Anda baik nasional, maupun internasional.

Meningkatkan pelayanan Anda

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-meningkatkan-pelayanan

Jika Anda menyediakan layanan tanya jawab di website, penjualan dan informasi dapat di proses secara otomatis dan saat itu juga walaupun tidak ada orang di kantor. Anda dapat mengumpulkan informasi dari pelanggan dan pelanggan potensial Anda dengan menggunakan formulir dan survey online yang bisa dipasang di website Anda daripada harus bersusah payah keluar kantor dan meminta setiap orang satu persatu. Biarkan pelanggan Anda yang datang. Ini adalah alat yang bagus untuk mengetahui cara pandang pelanggan Anda melihat produk dan layanan jasa Anda. Dengan demikian selain memuaskan pelanggan, Anda juga bisa meningkatkan pelayanan Anda dengan melihat Survey dan umpan balik yang mereka berikan.

Meningkatkan profesionalisme bisnis Anda

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-peluang-penghasilan

Bagi usaha kecil atau menengah, desain website yang bagus dapat meningkatkan kepercayaan diri karena produk Anda akan tampak lebih “besar” dari yang sebenarnya. Di zaman internet sekarang, pelanggan cenderung berfikir bahwa setiap produk atau bisnis pasti memiliki website. Kembali ke poin 1, jika benar pesaing Anda sudah memiliki website, Anda tentu saja harus mencari cara agar Website Anda lebih baik dari mereka.

Penghasilan tambahan selain penjualan offline

Berjualan secara offline membutuhkan biaya operasional yang jauh lebih besar, diantaranya biaya gaji karyawan, biaya listrik, telkom, sewa tempat dan lain-lain. Berjualan secara online adalah cara yang terbaik untuk mendampingi bisnis offline Anda dan dengan biaya relatif lebih murah. Anda tidak perlu khawatir dengan jaminan keamanan dalam pemesanan online, karena hal itu tidak mahal, bahkan untuk usaha kecil menengah sekalipun. Dengan Website, Anda dapat membuat sebuah toko online yang memungkinkan pelanggan untuk memesan dan membayar pilihan mereka semua melalui internet. Ini semua terjadi tanpa keterlibatan Anda jika situs web ini dirancang dan online, yang mengklasifikasikan sebagai pendapatan pasif. Website Anda dapat bertindak persis seperti katalog, dan berisi foto-foto dan deskripsi produk atau bisa lebih bagus dan canggih. Dan memanfaatkan beberapa teknologi yang muncul termasuk audio dan video untuk menunjukkan produk dan jasa Anda sepenuhnya.

Promosikan layanan Anda.

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-promosikan-layanan-anda

Jutaan pengguna internet mencari referensi dari website dan melihat ke website-website perusahaan sebelum mereka memutuskan kapan mereka memerlukan produk atau layanan yang mereka butuhkan. Apa pun yang Anda iklankan, layanan, produk atau hanya diri anda sendiri, Website adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Setiap jenis lain dari iklan pasti akan ada biaya yang tinggi, terutama jika Anda ingin menargetkan jenis orang-orang tertentu, dan tidak ada jaminan bahwa mereka akan benar-benar memperhatikan. Website seperti brosur yang bebas untuk direproduksi, interaktif, dan cepat didistribusikan kepada orang yang mencari mereka. Tidak ada media iklan yang dapat mirip dengan efektivitas kemudahan penggunaan Website.

Memberikan kepuasan lebih cepat

10-Alasan-Anda-Harus-Memiliki-Website-memberikan-kepuasan-kebih-cepat

Sudah menjadi rahasia umum, manusia zaman sekarang sangat sibuk dan lebih suka dengan sesuatu yang serba instant. Termasuk jika mereka membutuhkan informasi tertentu, mereka akan langsung mencarinya dan ingin mendapatkan apa yang mereka cari pada saat itu juga. Jika apa yang mereka cari ada di website Anda, maka untuk kesan pertama berikanlah secara gratis selama beberapa waktu tertentu.

Media perekrutan tenaga kerja

Jika Anda membutuhkan karyawan, Website merupakan media yang praktis dan efektif untuk mendapatkan calon karyawan yang ahli dan berkualitas. Dengan sumber daya manusia Indonesia yang berjumlah ratusan juta dan di era internet sekarang, Website membantu Anda melakukan perekrutan karyawan dengan mudah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x