4 Cara Ampuh Tarik Pengunjung Ke Website Anda

“Bagaimana cara agar website saya mendapatkan pengunjung yang banyak?”

Jika seperti itu pertanyaan Anda saat ini? Berarti Anda adalah satu diantara sekian banyak orang yang harus membaca tips saya ini sampai selesai.

Seringkali ada kesalahan pada sebuah website yang tidak kita sadari. Jika Anda lihat website Anda sekarang begitu cantik dan rapi desainnya, portofolio bagus dan lengkap, gambar ilustrasi resolusi tinggi yang keren, dan…apalagi yang kurang ya…sepertinya tidak ada…

Jika Anda bergumam demikian, maka inilah yang menjadi bahaya. Segala syarat yang harus ada pada website -seperti yang saya bahas pada artikel “5 Hal Wajib Ada di Halaman Depan Web Anda“- sudah terpenuhi. Namun ternyata mereka hanya duduk diam bertengger di web mahal Anda.

poster-judul

Mendapatkan pengunjung ratusan bahkan ribuan tiap bulan memang tidak mudah. Tapi itu bisa dilakukan jika Anda mengenali cara tepat memanfaatkan internet. Saya punya 4 cara yang ampuh untuk mewujudkannya. Tentu saja kreatifitas Anda turut andil di dalamnya.

1. Buatlah Blog Menarik

Perhatikan kata “menarik”. Ini bukan soal update blog secara continue, bukan pula update promo atau diskon produk baru. Maksud saya disini adalah jenis blog yang isinya menarik perhatian orang dengan memberikan sesuatu yang berharga, berguna, atau menghibur secara konsisten. Misalnya seperti ini :

a. Memasukkan gambar atau video ke dalam artikel, seperti artikel ini : Inspirasi Website

b. Menebali kalimat-kalimat penting dalam artikel, agar perhatian pembaca tertuju padanya dan mudah mengingat pesannya, seperti artikel : Cohensive Branding

c. Jika tergiur menulis panjang lebar, sebaiknya ganti cerita Anda menjadi point-point : a,b,c atau 1,2,3. Mode to the point yang tidak menyita waktu pembaca. Contohnya : 10 Tren Desain Web 2014

d. Tempatkan pembaca sebagai lawan bicara Anda, gunakan bahasa yang komunikatif. Misalnya dengan melempar pertanyaan : “Jika tren desain flat disukai banyak web designer, bagaimana dengan Anda?”. Ini akan membawa pikiran pembaca otomastis mencari jawabannya.

e. Berikan contoh yang konkrit : seperti artikel Karakteristik Flat Design

2. Berikan Karya Terbaik Anda secara Gratis

Ini bukan soal kita memberikan segala sesuatu secara gratis untuk semua orang ya. Bagaimanapun juga harus orientasi keuntungan. Cobalah berbagi kepada beberapa target market Anda, lalu lihatlah mereka akan membawa teman-teman mereka mendatangi Anda. Minimal memberikan kontak person Anda ke teman-teman mereka.

Dorongan seperti ini perlu Anda terapkan, misalnya dengan cara membagi :

– satu lagu terbaik di album Anda

– karya handmade Anda

– sebuah tutorial keren

– sebuah template toko online

– e-book yang Anda penuhi dengan informasi penting, dll

Analoginya, berikan telur puyuh Anda secara gratis pada pembeli, tapi simpan peternakan Anda.

3. Pinjam Audience Tetangga Sebelah

Buatlah postingan yang berkualitas pada web atau blog niche yang populer. Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mendapatkan banyak perhatian dari audience web atau blog tersebut. Anda ingin mendapatkan bayaran dari sini, karena Anda sudah bersusah payah? Bayaran Anda adalah link kembali ke situs Anda dimana akan membawa ratusan pelanggan baru sesuai target market Anda.

author

4. Bawa Konten Anda Masuk ke Dalam Sirkulasi Media Sosial

Dari ketiga point di atas, dua diantaranya fokus pada semenarik apa konten yang Anda miliki, yaitu nomor satu dan tiga. Untuk yang nomor dua, ini akan memiliki kekuatan berlipat dimana mereka hidup dalam sebuah komunitas pengguna media sosial internet (facebook, twitter, google+, instagram, pinterest, linkedin, behance dll). Gunakan sosial media tersebut untuk berbagi link konten Anda (video, blog, ebook, dll).

sosmed

Atau memajang portofolio Anda pada behance maupun pinterest agar orang lain dapat melihatnya di tempat-tempat yang banyak di kunjungi orang yang pada akhirnya berlabuh di website Anda. Lalu bermurah hatilah untuk share konten orang lain. Dengan begitu, Anda tidak hanya membantu orang lain, tapi juga memposisikan diri sebagai sumber konten-konten keren yang orang ingin mengikuti.

Kesimpulan :

Keempat metode tersebut, bukan perbaikan secara instan. Keempatnya membutuhkan waktu, tenaga dan konsistensi. Tapi kabar baiknya adalah manfaat kumulatifnya. Melalui  blog Anda menarik link dan pelanggan. Melalui konten Anda masuk ke sirkulasi media sosial. Dan ketika Anda dikenal sebagai rising star sumber konten keren, Anda akan menemukan diri Anda menarik lebih banyak pengunjung baru untuk setiap jam yang Anda habiskan untuk marketing.

Related Posts

Comments (3)

makasih info nya gan

sangat membatu!
thx share nya 😀

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.