Alasan-alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis saat Ini dan di Masa Depan

Internet merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Saat ini pun internet semakin murah dan bisa menjangkau banyak orang.

Padahal, beberapa tahun ke belakang, internet masih menjadi sebuah hal yang mewah dan eksklusif. Dulunya hanya digunakan dan dinikmati oleh para masyarakat kelas menengah ke atas, yang memiliki gadget dan juga jaringan pendukung Internet.

Setelah fenomena ini berubah, maka gaya hidup seseorang juga semakin berubah. Hal ini menjadikan bisnis semakin berubah mengikuti kebiasaan dan gaya hidup setiap orang.

Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah hal yang pasti dilakukan. Bagaimana tidak, pemasaran adalah cara bisnis mendapatkan konsumen atau pengguna, yang tentunya membuat roda bisnis berputar.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan zaman seperti yang dibahas sebelumnya? Apakah itu semua juga saling berkaitan? 

Dahulu, pemasaran merupakan sebuah hal yang dilakukan secara konvensional. Mulai dari pemasangan banner, spanduk, iklan radio, iklan TV, iklan cetak di majalah dan koran, hingga pemasaran langsung di tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat.

Namun sekarang, jenis-jenis pemasaran semakin berkembang dan bervariasi. Kita hanya tinggal memilih cara atau channel yang paling efektif dan cocok untuk bisnis kita. Salah satu hal yang kini semakin penting untuk dilakukan adalah pemasaran digital atau digital marketing.

Saat ini, semua orang memiliki sebuah perangkat elektronik maupun digital yang bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital. Hal ini menjadikan digital marketing menjadi salah satu ujung tombak bagi bisnis di era modern seperti sekarang.

Diproyeksikan, penjualan e-commerce retail di seluruh dunia akan mencapan USD 4,5 triliun di tahun 2021. Ditambah juga, penjualan ecommerce business to business (B2B) akan melangkahi capaian penjualan e-commerce business to consumer (B2C) di tahun 2020.

Kondisi saat ini, 90% konsumen tidak tahu brand apa yang ingin mereka cari di Internet ketika mencari. Lebih dari 51% pengguna smartphone menemukan bisnis baru ketika mereka menggunakan smartphone.

Itu semua merupakan bagian dari perkembangan dunia bisnis digital atau digital marketing di masa depan. Menjadikan kita perlu untuk memahami media digital marketing yang cocok untuk bisnis kita.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa perbedaan dan jenis digital marketing yang sangat penting di masa depan.

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimisation. Artinya, SEO adalah sebuah metode di mana para pelakunya memaksimalkan kemunculan brand atau merek bisnis di mesin pencarian. Ini menjadi sebuah langkah yang penting, mengingat banyak orang melakukan pencarian di Internet, dan akan memilih brand yang muncul di halaman pertama pencarian.

Ada banyak aspek yang perlu dimaksimalkan oleh SEO. Di antaranya adalah kehadiran konten, kualitas website, hingga relevansi website dengan pencarian.

Kini, sudah mulai banyak bisnis yang mencoba SEO. Sekitar 94% total traffic organik yang masuk ke dalam website berasal dari pencarian Google. Memaksimalkan SEO akan meningkatkan traffic organik ke website, yang artinya kita tidak perlu mengeluarkan uang ketika ada yang masuk ke dalam website.

PPC

Pay-per-click atau PPC adalah sebuah cara pemasaran Internet yang memungkinkan pengiklan untuk membayar sejumlah biaya ketika ada orang yang meng-klik atau melihat iklan tersebut di Internet.

Berbeda dengan SEO, PPC memungkinkan kita melakukan promosi secara langsung di Internet, dan membayar kedatangan mereka ke dalam website lewat pemasaran tersebut. Menjadikan kedatangan atau visit mereka tidak organik, melainkan berbayar.

Hal ini bukan berarti tidak lebih baik. Digital Marketing PPC sangat bisa efektif menarik pembeli langsung ke tempat yang mereka butuhkan, sehingga konversi traffic ke sales bisa lebih cepat terjadi.

Content Marketing

Merupakan salah satu strategi marketing yang kini banyak dilakukan. Bukan fokus ke menjual barang, konten marketing lebih berfokus pada pembuatan dan juga penyebaran konten yang bernilai, relevan, dan dibutuhkan oleh konsumen.

Bukan tentang memberikan produk atau jasa, namun lebih ke arah memberikan informasi mengenai sebuah produk yang baik dan kita jual. Sehingga, pengunjung bisa mendapatkan konten yang relevan dengan kebutuhan mereka, juga produk yang mereka butuhkan.

Social Media

Sosial media adalah media digital marketing yang terus berkembang dengan cepat. Hal ini karena semua itu dilakukan di dalam platform media sosial yang seiring waktu berubah kebijakan dan algoritmanya. Tetapi, media sosial juga sangat cocok untuk digital marketing.

Salah satu contohnya adalah Facebook. Sebanyak 79% orang menggunakan facebook; 76% orang dewasa menggunakan facebook setiap hari, dan 74% orang mengatakan bahwa mereka menggunakan facebook baik untuk urusan personal maupun profesional.

Sementara itu di Instagram, di tahun 2018, Instagram memiliki 1 miliar pengguna setiap bulannya. Lebih dari 400 juta pengguna Instagram membuat dan memposting Instagram stories setiap hari. Jakarta adalah lokasi yang paling banyak di-tag oleh pengguna Instagram.

Hal ini belum termasuk pengguna Snapchat, TikTok, Pinterest, Linkedin, hingga Twitter yang sampai sekarang terus digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Jadi, penggunaan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial bisa menjadi sangat efektif.

Video Marketing

Ada beberapa alasan kenapa iklan TV dan juga iklan video megatron cukup mahal. Salah satunya adalah karena iklan tersebut menggunakan video sebagai media pemasarannya, dan video bisa sangat menarik perhatian pasar.

Video sebagai media pemasaran yang efektif tidak perlu diragukan lagi. Banyak stasiun TV yang sudah melakukan ini. Hal ini juga sangat efektif ketika digunakan ke platform digital.

Digital video marketing juga memiliki beberapa kelebihan. Biayanya tidak terlalu mahal, kita juga bisa memasangnya dengan gratis di media sosial dan lainnya, mudah disebarkan, dan sangat baik secara SEO.

Konten video bisa meningkatkan pencarian organik 50 kali lebih baik daripada teks polos. Peningkatan traffic organik akan naik hingga 157% saat dialam post kita terdapat konten video.

Email Marketing

Para pengguna media sosial pasti memiliki email. Karena platform media sosial diharuskan memiliki email ketika mereka mendaftar menjadi pengguna media sosial. Hal ini membuat hampir semua orang di era modern seperti sekarang memiliki email.

Tidak heran jika kemudian email marketing menjadi sebuah hal yang sangat menjanjikan. Email marketing memungkinkan kita memasarkan produk atau bisnis kita langung ke konsumen. Sehingga bisa menjadi sebuah media marketing yang sangat efektif.

Dengan pemasaran email ini, tentunya pengguna dan konsumen akan meningkat dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap atau langganan yang tentu saja ingin mendapatkan iklan di kotak masuk email mereka secara berkala.

Itu dia beragam alasan dan juga macam-macam platform digital marketing yang akan semakin penting di masa depan. Di masa depan, pengguna gadget digital akan semakin terus bertambah, menjadikannya sebagai pasar yang sangat cocok untuk ditargetkan untuk bisnis.

Jangan sampai kita tidak memanfaatkan peluang yang ada dalam memanfaatkan digital marketing. Karena suatu saat, media pemasaran konvensional akan ditinggalkan. Karena generasi muda yang baru akan melihatnya sebagai sebuah cara yang kuno dan tidak efektif dalam pemasaran.

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.