Perbedaan Antara Web Designer Dan Web Developer

Sebenarnya istilah ini sangatlah familiar, namun sedikit penjelasan berikut akan mempertajam bahwa keduanya berdiri pada sisi yag berbeda. Mengingat ada beberapa orang menggunakan kedua istilah ini secara bergantian dengan tujuan yang sama.

Untuk itu kita coba lihat dulu dari apa yang menjadi pekerjaan mereka.

Web Designer

Perbedaan-Web-Designer-dan-Web-Developer1

Pekerjaan seorang web designer berkaitan dengan bagaimana sebuat website terlihat dan bagaimana pelanggan berinteraksi dengan itu. web designer yang baik, tahu bagaimana mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang membuat website tampil menarik. Memahami bagaimana desain yang dibuatnya memudahkan orang yang akan bernavigasi / berselancar di dalamnya nanti.

Mereka menggunakan software grafis, seperti Photoshop, Ilustrator, Corel dsb, untuk menciptakan tampilan visual tersebut, sehingga ini mudah di aplikasikan pada tahap pemrograman.

Web Developer

Perbedaan-Web-Designer-dan-Web-Developer

Seorang web developer bertanggung jawab untuk back end sebuah website, pemrograman dan interaksi di setiap halaman web. Developer web berfokus pada bagaimana situs bekerja dan bagaimana pengunjung web nantinya menyelesaikan sesuatu di dalamnya.

PHP, HTML, Javascript, JQuery dan CSS merupakan sebagian alat dalam kit mereka. Dimana ini harus bisa membuat website yang mereka bangun dapat berjalan dengan efektif, tampil secara rapi dan menarik, dengan susunan kode yang bersih.

Dua Job Satu Tujuan

Tidak bisa dipungkiri, kedua profesi ini memiliki satu kesatuan walaupun kenyataannya memiliki pekerjaan yang berbeda. Dimana keduanya saling support menghasilkan sebuah pekerjaan berupa website aktif.

Untuk melakukan hal ini, baik designer dan developer harus satu suara. Sebuah website harus terlihat bagus dan berfungsi dengan baik.

Warna dan gambar harus mewakili sebuah brand, dan interface nya mampu mendorong pengunjung melakukan tindakan yang diinginkan.

Pada akhirnya batas antara designer dengan developer menjadi kabur, dimana seorang designer sedikit banyak harus mempelajari pola interaksi antar halaman situs, sementara itu developer pun harus memahami rancangan visual yang menarik.

Satu Tim

Web designer dan Web developer ditakdirkan untuk bekerja sama dalam satu tim. Dimana ada dua kepala yang harus sevisi, sepaham, sehati. Hehe,,,

Karena berangkat dari dua kepala yang berbeda, ada kalanya terjadi miss komunikasi yang akan berakibat buruk pada hasil proyek web. Karena itu keduanya harus bisa berkomunikasi dengan baik. Berikut tips sederhana menyatukan ide antar keduanya :

– Tampilkan

Menjelaskan hanya dengan kata-kata kadang masih berpotensi terjadi salah persepsi, jadi jangan ragu untuk membuat sebuah sketsa.

– Terbuka pada Ide

Sharing tentang penerapan ide dari masing-masing pihak untuk mendapatkan konsep yang tepat, dan kemungkinannya untuk di terapkan dalam proyek.

– Be an Ardent Learner

Prinsip selalu belajar ini bisa di terapkan oleh kedua belah pihak untuk sama-sama saling mempelajari setiap bagian pada proses pembuatan website. Diskusi akan temuan baru maupun hal-hal yang belum dipahami satu sama lain.

Kedua profesi ini sepertinya menyiratkan dua pekerjaan yang berbeda peran. Namun pada dasarnya hal ini bisa dilakukan oleh satu kepala saja. Dengan catatan Anda memiliki kemampuan yang mumpuni pada keduanya. Memiliki taste desain yang baik dan pemrograman yang baik pula.

Nah jika begini, maka beberapa point pada tips saya diatas dapat diabaikan. 🙂

Comments (1)

pernah merasakan ke2nya suatu waktu … #truestory

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.