5 Pertanyaan Untuk Anda Sebelum Menjadi Pengusaha

Menjadi pengusaha

Apakah Anda sudah yakin mau menjadi pengusaha? Mungkin Anda pernah mendengar 2 pendapat ini, bahwa pengusaha itu bukan dilahirkan tetapi dibentuk. Namun ada pula yang mengatakan sebaliknya. Terlepas dari benar tidaknya pendapat tersebut, pada dasarnya kita adalah manusia yang dibekali akal pikiran untuk terus belajar, termasuk belajar menjadi pengusaha sukses. Untuk meyakinkan diri Anda sendiri, tanyakan 5 pertanyaan ini jika Anda masih ragu melangkah sebagai entrepreneur sukses

  1. Apakah Anda disiplin?

Menjadi pengusaha berarti Anda bukan hanya bertanggung jawab penuh atas diri sendiri, tetapi juga orang-orang di bawah Anda. Ketika menjadi pengusaha yang menentukan kenaikan gaji, promosi, dan kemajuan perusahaan adalah diri Anda sendiri. Bahkan komplain dari pelanggan harus Anda hadapi dan selesaikan sendiri. Untuk bisa menjadi pengusaha yang tangguh, dapat bertahan dan berkembang membutuhkan pribadi berdisiplin tinggi. Nah, jika Anda masih sulit untuk disiplin, maka sebaiknya pikir ulang untuk mulai menjadi pengusaha.

  1. Seberapa nyaman Anda dengan zona tak nyaman?

Mendirikan perusahaan sendiri akan menghadapi hal-hal seperti ketidakpastian, bekerja sepanjang waktu, mengatur jadwal dengan orang-orang yang terlibat, mengelola sdm sebaik mungkin dan lain-lain. Hal-hal semacam ini terkadang membuat keadaan tidak nyaman. Jika Anda merasa tegang karena ketidaknyamanan itu, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang pengusaha. Dengan keinginan, kemampuan dan rencana yang matang untuk menghadapi ketidaknyamanan itu, maka bisa membantu Anda melewati zona itu.

  1. Apa Anda punya keahlian khusus?

Mendirikan suatu usaha tidak bisa dilakukan hanya dengan sehari semalam. Jika Anda merasa senang dengan kegiatan usaha dan kerja keras Anda maka itu akan menjadi motivasi. Namun rasa senang saja tidak cukup. Anda juga harus memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang bisnis Anda untuk mengerjakan pekerjaan dengan optimal. Jangan pernah merasa bosan untuk terus mengasah keahlian Anda.

  1. Apakah Anda bisa bekerja dengan tim?

Jangan berfikir jika menjadi pengusaha itu adalah pekerjaan solo. Tim dan koneksi sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Dalam hal ini, sebagai pengusaha, Anda akan mengalami masa-masa sulit yang datang sewaktu-waktu. Tentu saja Anda akan membutuhkan dukungan dan kekuatan dari para pendukung dan orang terdekat Anda. Ciptakan hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Dengan begitu jalan menjadi pengusaha menajdi ringan dan mudah dilalui.

  1. Bagaimana kesehatan Anda?

Ini merupakan hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Kesehatan merupakan faktor penting untuk menjalani kehidupan sebagai pengusaha dengan segala tantangannya yang membutuhkan kekuatan fisik dan fikiran yang baik untuk melaluinya. Anda harus menjaga kesehatan dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat dan seimbang.

Bagaimana? Apakah Anda sudah yakin mau menjadi pengusaha? Jika belum, tidak perlu khawatir. Persiapkan mental dan fisik Anda. Pengusaha tidak dilahirkan, tetapi diciptakan.

Related Posts

Leave a comment