7 Peluang Usaha Saat Bulan Ramadhan

peluang-usaha-di-bulan-ramadhanBulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat. Di bulan yang sangat istimewa ini, amalan ibadah kita akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Selain berlomba-lomba dalam ibadah, banyak orang yang juga berlomba menambah pundi-pundi rupiah hingga berlipat ganda. Selama Anda meraihnya dengan cara baik dan halal, kenapa tidak? Anda bisa berbagi penghasilan tambahan yang penuh berkah kepada keluarga, untuk Anda sendiri atau untuk menyantuni bagi orang yang membutuhkan.

Di bawah ini ada beberapa referensi bisnis “dadakan” yang menguntungkan saat bulan Ramadhan dan bisa Anda jadikan pertimbangan.

  1. Takjil dan minuman untuk berbuka

Berbuka puasa adalah momen yang paling dinantikan bagi orang berpuasa. Apalagi datangnya tidak setiap bulan. Di tengah kesibukan dunia kerja saat ini, mayoritas orang lebih memilih berbuka secara instant. Apalagi bagi pekerja keras yang harus pulang menjelang maghrib, mereka memilih berbuka di luar atau membeli makanan jadi karena tidak sempat memasak. Tentu saja peluang ini dapat Anda manfaatkan, apalagi jika Anda pandai memasak. Anda bisa menjual berbagai menu takjil seperti kolak, es teler, es campur, es jus, dll. Atau Anda juga bisa menyediakan menu sederhana seperti ayam bakar, ikan goreng dan berbagai sayur siap saji.

  1. Kue kering

Kue kering merupakan sajian wajib yang selalu ada pada saat Hari Raya Idul Fitri. Biasanya sebagian orang akan memesan berbagai kue kering jauh-jauh hari sebelum lebaran. Ini merupakan prospek menarik, apalagi bagi Anda yang mahir membuat kue. Buatlah beberapa sample kue yang bisa Anda kerjakan. Pesanan akan datang segera dan Anda dapat mengerjakannya selama bulan puasa. Beberapa kue kering yang banyak disukai saat lebaran adalah kue nastar, kue kastengel, lidah kucing, putri salju dan lain-lain. Atau Anda bisa menelurkan ide kreatif untuk membuat kue unik yang bervariasi agar lebih menarik konsumen.

  1. Pakaian Busana Muslim

Mayoritas masyarakat muslim Indonesia ingin memakai baju baru untuk menyambut hari kemenangan. Terkadang mereka lebih mengutamakan pakaian anak-anak terlebih dahulu, baru orang tua menyusul. Pastikan Anda mengetahui selera anak-anak, mereka lebih suka memakai baju yang menampilkan gambar tokoh kartun yang sedang booming tahun ini. Anda juga harus update dengan model baju gamis atau busana muslim wanita dan jilbab yang sedang in karena jika mereka menyukainya, ini akan jadi bisnis yang meningkatkan omset Anda.

  1. Alat Shalat

Peralatan Shalat seperti Mukena, sajadah, sarung, peci dan tasbih mengalami peningkatan permintaan saat bulan puasa menjelang lebaran. Tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis ini menjelang Ramdhan tiba. Banyak orang yang ingin memakai alat shalat baru saat Idul Fitri. Bahkan ada sebagian orang yang memesan dalam jumlah banyak untuk diberikan kepada fakir miskin. Bisnis ini masih sangat menjanjikan dari tahun ke tahun.

  1. Bingkisan Lebaran/Parcel

Bisnis parcel lebaran memang menjadi peluang yang menguntungkan saat menjelang puasa atau lebaran. Anda dapat mematok harga sesuai dengan isi bingkisan tersebut, mulai dari makanan kecil, syrup, bahan makanan dan lain-lain. Ada sebagian perusahaan yang memesan parcel dalam jumlah banyak untuk bingkisan karyawan atau sebagai hadiah bagi pelanggan pilihannya. Anda juga bisa membuat parcel yang berisi berbagai makanan khas kota tertentu. Biasanya mereka memesan ini untuk oleh-oleh saudara atau kerabat di luar kota.

  1. Buah-buahan

Mayoritas masyarakat Indonesia selalu memberikan menu buka puasa yang istimewa. Termasuk dengan kelengkapan gizinya. Mereka akan senantiasa menyiapkan buah sebagai pencuci mulut yang sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh agar tetap fit. Beberapa buah favorit yang dikonsumsi saat puasa yaitu semangka, melon, jeruk, kurma dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan untung besar dengan memasok buah-buahan langsung dari sumbernya, yaitu petani buah.

  1. Ketupat

Sudah menjadi menu wajib, ketupat selalu menemani umat muslim Indonesia untuk merayakan Idul Fitri setiap tahunnya. Ketupat yang menjadi simbol hari lebaran akan menghiasi pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Anda bisa meminimalkan modal, apalagi kalau ada yang memberikan bahan ketupat dengan sukarela. Apalagi harga ketupat pasti naik dua kali lipat dari harga normal.

Related Posts

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.