7 Kunci Sukses Membangun Kepercayaan

7 kunci sukses membangun kepercayaanSalah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis online adalah membangun kepercayaan konsumen untuk order atau re-order dengan kita. Kepercayaan tersebut harus dibangun baik di segi keamanan maupun kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Agar mudah mendapatkan kepercayaan di mata konsumen, Anda dapat memaksimalkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Dengan aktif di media sosial, jumlah pengunjung situs Anda akan terus bertambah.

Selain itu, pebisnis online harus memberikan layanan purna jual yang baik. Pebisnis online harus memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan, baik dalam kemasan produk ataupun ketepatan pengiriman sehingga pelanggan puas dan nyaman.

Ada beberapa kiat agar konsumen percaya untuk bertransaksi dengan kita:

1. Tawarkan berbagai pilihan komunikasi yang membuat calon konsumen dapat menghubungi Anda dengan mudah dan fast respon, seperti sms, email, instant messenger, dll.

2. Biasakan merespon setiap pertanyaan ataupun permintaan konsumen dengan cepat dan sopan. Hal ini memberikan kesan positif karena konsumen merasa dilayani dengan cepat dan ramah.

3. Tampilkan produk yang Anda tawarkan di internet dengan detail dan semenarik mungkin, karena konsumen tidak dapat melihat dan memegang langsung produk Anda. Jika diperlukan, Anda bisa meminta bantuan fotografer profesional. Jelaskan dengan detail barang yang Anda tawarkan, misalnya jenis bahan, ukuran barang dan berapa berat barang tersebut.

4. Berikan harga yang masuk akal, tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murahan. Harga yang kompetitif memang kadang lebih menarik konsumen. Tapi pengguna internet kalangan menengah ke atas lebih memilih harga yang rasional asalkan dengan pelayanan yang memuaskan dan barang yang sesuai keinginan.

5. Sediakan opsi rekening dari beberapa bank berbeda yang Anda punya agar memudahkan konsumen melakukan pembayaran. Konfirmasi ke konsumen segera jika Anda sudah menerima pembayaran dan langsung proses pengiriman barangnya. Berikan informasi perkiraan barang sampai ke konsumen dan kirimkan nomor resi pengiriman untuk meyakinkan konsumen Anda.

6. Menerima kritik dan saran. Tanggapi dengan santai dan ramah jika konsumen memberikan komplain kepada Anda. Karena ada kalanya barang yang mereka terima ternyata tidak sesuai dengan yang mereka bayangkan. Jawablah komplain dengan sopan dan baik, jangan balik menyerang atau marah meskipun sebenarnya kesalahan bukan pada Anda.

7. Mintalah komentar pelanggan yang telah puas dengan pelayanan Anda. Dengan testimoni positif, dapat membuat pelanggan semakin percaya dengan kredibilitas usaha Anda.

Related Posts

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.