Sukses Berbisnis Hanya Dengan Duduk Manis

bisnis-online

Sukses Berbisnis Hanya Dengan Duduk Manis bersama Relasi yang Responsif dan Kooperatif

Kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi informasi saat ini memiliki pengaruh besar pada pola manusia dalam menjalankan bisnis.Berawal dari naluri manusia yang selalu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan untuk biaya hidup, maka inisiatif muncul bersamaan dengan teknologi yang ada.Karena itu ketika internet berkembang semakin baik, khususnya di Indonesia, orang-orang semakin terdorong untuk menghasilkan sesuatu dari sana.

Dengan internet kita tidak hanya mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat, namun juga bisa menjalankan bisnis dengan cara yang sangat “menyenangkan”.

Saya sebut menyenangkan, karena bisnis di internet sangat menguntungkan bagi para pelakunya.

Diantaranya :

1. Tidak perlu menyewa tempat usaha dengan nilai puluhan bahkan ratusan juta.

2. Cocok untuk jenis usaha apapun

3. Modal awal murah

4. Hemat biaya promosi yang biasanya menggunakan brosur dan sejenisnya

5. Hemat biaya operasional karena bisa di kerjakan sendiri dan keluarga tanpa banyak

karyawan

6. Menyajikan Informasi Yang Lengkap & Akurat

7. Pangsa Pasar Yang Luas Sampai Keseluruh Dunia

8. Kemudahan Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Konsumen

9. Pembagian waktunya kita sendiri yang mengatur

10. 7 hari x 24 jam usaha kita tepat berjalan, bahkan pada saat kita seang tertidur

Dari sudut pandang pebisnis online, internet bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online, internet banking, internet marketing, afiliasi online, bahkan kuliah online ( untuk meningkatkan skill bisnis online 🙂 ). Atau bisa dikatakan hanya dengan duduk manis di depan laptop kita bisa melakukan kegiatan bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

Modalnya : 1 unit komputer/laptop, kemudian modem untuk mendapatkan akses internet dan nomor telpon bisa nomor HP maupun telpon rumah. Apalagi saat ini ketiga kebutuhan itu sudah ada pada genggaman kita berupa smartphone maupun tablet. Lebih praktis bukan? Jadi tidak hanya duduk manis di kursi, sambil tiduran juga oke :).

belanja-online

Namanya bisnis musti ada sesuatu yang ditawarkan ya, baik itu berupa barang ataupun jasa. Nah tugas berikutnya adalah menyiapkan ini. Apakah kita ingin menciptakan sendiri atau menjual barang / jasa milik orang lain, dnegan menjadi internet marketing nya atau reseller. Dengan mengakses internet kita akan memiliki banyak relasi, mengingat mudahnya kita mendapatkan relasi di luar sana dari media-media sosial yang ada. Sebagain besar orang memiliki identitas diri pada sebuah jejaring sosial yang sering disebut ‘akun’.

Contohnya saja yang populer saat ini, bahkan saya yakin Anda pun memiliki akun di salah satunya minimal, yaitu facebook, twitter, sebagai generasi penerus jaman friendster dan multiplay yang populer awal tahun 2000an dulu.

Ini Penting ! Mulailah untuk membuat identitas diri secara jujur pada sebuah akun jejaring sosial, minimal pasang foto Anda sendiri dan nama Anda sebenarnya. Tidak saya sarankan menggunakan nama seperti berikut :

SieCrewedt IingendDemengertie Boetcah ElorNdalan

Eipha Mhenantiyabix Eanktuluztjinthaapadax

Reeszhaa Chiiee Gadiesztmaniesztandmandjah

Nandra RoCker ChayAnk’eMak

Bisnis online memang membidik mereka-mereka yang bisa menjalankan internet.

Nah kegiatan ini tidak bisa berjalan jika orang-orangnya sendiri tidak melek internet. Bolehlah saya bilang kalo sekarang ini, hanya generasi usia kita yang rata-rata melek internet, dan orang tua kita masih awam. Namun beberapa tahun ke depan, tidak perlu lama, kita yang menjadi tua dan generasi kita yang makin dewasa akan merasakan teknologi informasi ini makin bisa menjadi media berkreatifitas dan menghasilkan.

Apalagi perangkat yang mendukung hadirnya internet juga makin memudahkan bagi banyak orang. Hadirnya smartphone, tablet, phablet dan entah apalagi yang akan hadir suatu saat nanti.

Artinya penting bagi kita untuk menyeimbangkan diri dengan perkembangan yang ada. Apalagi jika kita ingin memiliki dana pensiun yang cukup dari hasil bisnis online kita. 🙂
Hah? Memang bisa sampai sejauh itu?

Iyalah. Prinsipnya sama saja dengan membangun bisnis di dunia nyata. Bermodal serius, ulet, jujur, dan yakin. Yang tidak kalah penting mengikuti perkembangan yang ada. Dengan begitu bisnis akan terus berjalan sampai Anda merasa sudah saatnya pensiun untuk dilanjutkan yang muda. Membangun kepercayaan pasar di dunia internet memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa kan? Buktinya banyak pebisnis online sukses di luar sana. Apalagi pola pikir orang saat ini sudah mengarah pada perilaku online. Mereka bisa mempercayakan sebuah nilai rupiah tertentu dengan imbalan barang atau jasa yang akan mereka terima beberapa hari atau beberapa minggu setelahnya tanpa harus tahu secara rinci siapa kita dan bagaimana riwayat kita. Karena orang akan semakin pintar menilai, apakah mereka berhadapan dengan orang yang jujur atau tidak.

Dari sini saya berpikir akan sangat bijak jika kita pun berbagi sesuatu yang positif pada mereka-mereka yang sedang belajar melek internet. Jadi tidak melulu berbisnis ya, tapi juga berbagi ilmu.

Saat ini internet juga tidak mengenal batas wilayah, baik itu kota besar maupun kota kecil. Hanya saja wilayah kota besar lebih mendominasi dalam hal penyedia konten di internet. Mereka yang berbagi informasi, mereka yang menjual beraneka produk dan mereka yang mempunyai website resmi. Kedepan tak ada lagi sekat kota besar maupun kota kecil.

Website resmi juga menjadi salah satu media penting bari para pebisnis online yang ingin bisnisnya bisa berumur panjang.

Karena ketika kita hanya mengandalkan media sosial, maka ini akan sulit jika media sosial yang itu sebenarnya website milik orang lain akan surut seperti yang terjadi pada friendster dan multiplay. Yang terjadi pada mereka saat ini adalah, mereka sudah beralih fungsi. Bagaimana dengan database yang sudah terlanjur tersimpan di dalamnya dan belum sempat di back up? Hilang? Sayang sekali kan. Karena itu sekecil apapun usaha Anda asalkan Anda serius menjalaninya, usahakan memiliki website sendiri. Selain jangkauan pasarnya lebih luas, sebuah website menandakan Anda serius dan profesional di bidang Anda. Maka pasar pun akan lebih mudah menaruh kepercayaan kepada Anda.

Karena itu pula, ketika Anda tidak tahu menahu bagaimana membuat website yang bisa mencerminkan keprofesionalan Anda, sebaiknya Anda konsultasikan pada jasa pembuatan website profesional juga. Mungkin Anda bisa mencarinya di internet. Misal : jika Anda tinggal di kota Surabaya, Anda mencari jasa pembuatan website Surabaya, Atau di kota Malang jasa pembuatan website Malang. Namun tidak menutup kemungkinan Anda tinggal di Jakarta dan mempercayakan pembuatan website Anda pada jasa pembuatan website Blitar. Karena saya yakin Anda akan mencari jasa yang bisa memegang kepercayaan Anda. Mengingat banyak sekali media komunikasi yang bisa dimanfaatkan, seperti email, jejaring sosial, telpon kantor maupun nomor hp.

Kunci Mendapatkan Jasa Web Design yang Terpercaya adalah :

1. Anda mendapatakn informasi detail tentang perusahaan tersebut

2. Anda bisa dengan sangat mudah menghubunginya dan kooperatif

3. Anda mendapatkan berbagai jaminan keamanan

4. Anda mendapatkan prioritas support secara teknis

5. dan Yang tidak kalan penting ada jaminan pelayanan pasca pembuatan website.

Mengingat tidak semua bidang bisa kita kerjakan sendiri. Karena itu dibutuhkan relasi yang bisa membantu Anda dengan jujur dan komunikatif. Mungkin Anda ingin belajar banyak bagaimana sebuah website dapat menghasilkan penjualan yang bagus, desainnya menarik sehingga banyak orang betah menelusuri website Anda, atau bagaimana agar website kita bisa bertahan diantara gempuran persaingan yang ketat. Dengan begitu Anda siap memulai bisnis online dan siap menerima jargon diatas, ‘sukses berbisnis hanya dengan duduk manis bersama relasi yang responsif dan kooperatif’.

Related Posts

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.