10 Kebiasaan Orang Sukses Yang Bisa Kita Contoh

kebiasan-orang-sukses resizeSiapa diantara kita yang tidak ingin menjadi orang sukses? Tentu saja Anda ingin sukses bukan? Baik itu dalam bisnis atau usaha, keluarga ataupun kehidupan sosial. Sukses tidak dapat diraih dengan waktu cepat dan dengan cara yang instant. Kita harus melewati kegagalan-kegagalan yang pasti kita alami menuju kesuksesan. Nah, di bawah ini ada 10 kebiasaan orang sukses yang mungkin bisa kita tiru.

1. Mereka Bersunggguh-Sungguh

Saat kita melakukan segala sesuatu namun tak mendapatkan hasil, mungkin karena kita hanya asal melakukannya tanpa ada niat bersungguh-sungguh. Pada dasarnya tidak ada kesuksesan instant yang berhasil dicapai hanya dengan satu malam. Mulai bekerja sekarang, karena kesuksesan diraih dengan kesabaran dan dirintis dengan usaha dari bawah. Kita harus mempunyai prinsip bahwa kita akan mendapatkan hasil yang baik dengan sedikit usaha dan mendapatkan hasil paling baik dengan usaha yang sungguh-sungguh.

2. Manfaatkan Waktu

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan saat ini. Dan jangan lagi membuang-buang waktu percuma. Orang sukses tidak mempunyai waktu untuk bermalas-malasan. Mereka menggunakan waktu seproduktif mungkin sehingga mereka tidak akan pernah merasakan waktu terlewat sia-sia begitu saja.

3. Orang Sukses Tidak Mempunyai “Pilihan Kedua”

Sebagian dari Anda, mungkin mayoritas memiliki rencana cadangan. Anda mempersiapkan rencana ini agar mempunyai pilihan kedua saat rencana utama Anda mulai tidak berjalan sesuai dengan plan Anda. Hal ini tidak baik, karena jika kita mulai menemui kendala dengan rencana pertama, maka kita akan berhenti di tengah jalan dan mulai melirik rencana cadangan. Tentu saja kita harus memulainya dari awal dan membutuhkan waktu lebih lama. Jadi lebih baik fokus pada 1 rencana saja dan berkomitmen pada rencana utama tersebut. Biarkan diri Anda berjuang penuh dan berfikir tidak ada pilihan lain selain memperjuangkan pilihan Anda. Jika mulai menemui kesulitan, bersabarlah dan tetap tenang. Yakinkan pada diri Anda jika Anda pasti berhasil melaluinya dan menemukan jalan keluar terbaik.

4. Tetapkan Target Anda

Apa yang terjadi jika Anda tidak memiliki target? Tentu saja Anda akan berleha-leha dan menunda-menunda pekerjaan Anda. Anda mudah lalai dan tidak menghargai waktu yang semakin berlalu, hingga pada akhirnya segala sesuatu yang seharusnya tercapai tepat waktu harus tertunda. Jadi tentukan impian terbesar apa yang paling Anda inginkan. Kemudian lakukan dengan secepat mungkin dan dengan cara terbaik Anda. Carilah jalan untuk mencapai target Anda secara efektif dan seefisien mungkin.

5. Mereka Menjauhi Keramaian

Ada pepatah bijak mengatakan, bergabung dengan keramaian, sebagus apapun keramaian itu, merupakan salah satu jalan menuju kesulitan. Coba Anda bayangkan, lebih menguntungkan mana Anda berjualan dengan banyak sekali pesaing di sekitar Anda dibandingkan dengan Anda berjualan sendiri tanpa pesaing? Namun jika Anda terpaksa harus berada di keramaian, maka jual barang yang berbeda dan unik daripada pesaing-pesaing Anda. Atau tawarkan kelebihan yang dapat menarik minat pengunjung, misalnya saja pelayanan yang lebih dibanding dengan kompetitor Anda.

6. Orang Sukses Tidak Cepat Puas

Mereka tidak akan berhenti begitu saja saat telah mencapai puncak dan mencapai target awal. Ketika rencana utama dan target telah terpenuhi, maka mereka akan membuat target berikutnya dan berjuang menggapainya, begitu seterusnya. Jadi tidak ada kata menyerah dan berleha-leha. Ketika gagal, mereka akan segera bangkit dan berusaha menemukan jalan keluar untuk memperbaikinya.

7. Pentingnya Kemampuan “Menjual”

Syarat utama kesuksesan adalah berani menjual. Jual ide, kemampuan atau produk dan jasa Anda, apalagi jika hal tersebut bermanfaat untuk orang lain. Anda harus bersikap terbuka dan jujur terhadap konsumen Anda, karena dengan begitu tentu akan memberikan kenyamanan bagi mereka. Jelaskan dengan detail dan logis apa saja manfaat dan kelebihan produk Anda untuk orang yang membelinya. Apa gunanya Anda memiliki produk dan ide yang luar biasa, namun Anda tidak dapat meyakinkan orang lain untuk menikmati hasil kerja Anda?

8. Orang Sukses Tidak Sombong

Anda tidak harus tinggi hati dengan kesuksesan yang telah Anda raih. Orang sukses lebih berani mengakui kesalahan dan tidak malu untuk meminta maaf jika mereka memang merasa bersalah. Tentu saja mereka juga suka berterima kasih kepada orang yang memiliki andil dalam usahanya mencapai puncak. Mereka tidak akan segan meminta tolong orang lain untuk membantunya dan bekerja bersama-sama.

9. Menjadikan Kesalahan Sebagai Pelajaran

Tidak ada orang sukses yang langsung berhasil. Mereka pasti melewati kegagalan, entah itu kesalahan kecil yang wajar atau bahkan kegagalan yang menguras pikiran. Orang-orang sukses akan mengevaluasi kesalahan dan hasil kerja mereka. Kemudian menjadikan kesalahan itu sebagai hal wajar yang harus mereka pelajari dan diperbaiki di kemudian hari untuk pengembangan target selanjutnya. Jadikan setiap kegagalan Anda sebagai jembatan menuju kesuksesan.

10. Sibuk Yang Produktif

Orang sibuk belum tentu sukses, bisa jadi mereka hanya sok sibuk dengan hal-hal yang mereka lakukan. Berbeda dengan orang sukses, mereka disibukkan dengan hal yang menghasilkan atau produktif. Orang sukses pasti berusaha untuk mencapai targetnya tepat waktu dengan hasil yang semaksimal mungkin. Sehingga mereka akan disibukkan dengan usaha agar waktu mereka akan terlewati lebih produktif dari seharusnya. Disini menggambarkan, orang sukses akan lebih profuktif bukan menjadi lebih sibuk tapi tanpa hasil.

Related Posts

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.