15 Desain Website Universitas Keren Di Dunia

Universitas negeri maupun swasta menggunakan berbagai teknik untuk mempromosikan diri sebagai inspirasi tempat studi. Mungkin secara langsung datang ke sekolah-sekolah menengah atas maupun kejuruan, menyebar brosur, mengadakan seminar, lomba dll. Namun disini kami memperhatikan satu cara untuk memperkenalkan sebuah universitas sekaligus sebagai sumber informasi yang mudah dijangkau oleh khalayak umum, dengan media website. Dimana kemajuan bidang internet sekarang ini makin mendukung kreatifitas dalam mempromosikan sebuah instansi pendidikan seperti kampus.

Kami berfikir, website universitas bukan sekedar sumber informasi mengenai profile dan kegiatan kampus, melainkan juga tampilan yang menarik dan navigasi yang mudah akan membuat website disukai pengunjung yang bukan hanya calon mahasiswanya saja. Ini bukan hanya sekedar mengundang decak kagum penonton, lebih dari itu akan bisa memberikan inspirasi bagi orang lain lewat desainnya itu.

cover-Desain Website Universitas Keren

Berikut 15 Universitas dari luar negeri yang kami perhatikan memiliki kelebihan pada desain yang menarik dan menggunakan tren desain yang up to date, diantaranya responsive layout design dimana web di desain sebagai web multi-platform, memasukkan elemen yang bernuansa modern, dengan fitur terkini. Karena itu kami menyebutnya sebagai desain website universitas keren di dunia.

1. Biola Undergrad

Desain Website Universitas Keren - BIOLA UNDERGRAD

Biola University Undergrad meluncurkan re-desain web terakhir mereka bulan November 2010 lalu. Desain yang full color dengan pesona keindahan dan terlihat memiliki karakteristik ini dirancang oleh direktur seni Jess kemp yang menjelaskan bahwa “ tujuan utamanya untuk memastikan siswa dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan.

Pada tahun 2011 situs ini memenangkan sejumlah penghargaan dari Webby Awards, dan The New York Times menyebut ini sebagai “Oscars of the Internet“.

2. The Cooper Union for the Advancement of Science and Art

Desain Website Universitas Keren - The Cooper Union for the Advancement of Science and Art

Berpusat di Manhattan, The Cooper Union, tempatnya orang-orang yang mahir pada seni rupa dan arsitektur. Tidak mengherankan bahwa website Cooper Union tampil begitu canggih dan licin, dengan penekanan pada desain yang menyenangkan mata dan fungsionalitas. Sarjana Cooper Union dan pemimpin designer Thea Kluge Rossi membangunnya berdasarkan tren situs web terbaru di New York, dan fase pertama diluncurkan pada November 2009. Pada 2013 Webby Awards memberikan penghargaan untuk web ini.

 3. Drexel University

Desain Website Universitas Keren - Drexel University

Philadelphia Drexel University didirikan pada tahun 1891, tapi tidak ada yang terlihat kuno dengan website tersebut. Ini karena mereka membuat desain website baru yang diluncurkan pada bulan Oktober 2012. Situs tampilan baru ini dirancang oleh NavigationArts, badan digital pemenang penghargaan, yang bekerja dengan universitas untuk memamerkan atribut brand unik Drexel. Sementara menekankan tampilan visual yang berkarakter kuat untuk sekolah, NavigationArts menciptakan selusin perbaikan dan suntikan template responsive design yang dapat beradaptasi dengan berbagai device yang berbeda, dan mempertahankan resolusi layar. Pada tahun 2013 situs ini mencapai Davey Gold Award untuk Situs Pendidikan Terbaik dan WMA WebAward untuk Outstanding Situs Pendidikan.

4. Middlebury College

Desain Website Universitas Keren - Middlebury College

Middlebury College merupakan web dengan sistem navigasi yang unik, situs mewakili tim kreatif online yang bertujuan memberikan inspirasi. Situs yang diluncurkan bulan Februari 2010 ini dikembangkan oleh Jasa Pembuatan Web White Whale, dengan tampilan sederhana, elegan namun kreatif.

Ketika Anda klik pada setiap bar warna-warni itu, pengguna disuguhi berita yang berbeda dan video yang berkaitan dengan kegiatan kampus.

5. The University of Chicago

Desain Website Universitas Keren - the University of Chicago

The University of Chicago yang baru merubah desain situsnya, menggabungkan tampilan visual berkualitas tinggi, tata letak bersih dan bagian informasi yang mudah dicerna. Desain yang terlihat elegan ini dipublikasikan pada September 2012. Ini merupakan sebuah proyek kolaboratif yang melibatkan teknologi informasi dan komunikasi departemen universitas, yang dibantu oleh berbagai mitra UChicago lainnya.
Pada Mei 2013 situs ini mendapatkan anugerah dua profil tinggi Webby Awards, memenangkan di Sekolah keseluruhan/Universitas Webby kategori penghargaan serta mengambil Penghargaan Suara Pelanggan Rakyat Webby.

6. Boston University

Desain Website Universitas Keren - Boston University

Situs resmi Boston University mengalami makeover signifikan pada tahun 2010. Itu adalah desain ulang pertama dari situs ini sejak tahun 2006, dan hasilnya cukup meningkat dari desain sebelumnya. Tampilan baru yang lebih menarik ini diawasi oleh direktur kreatif universitas Scott Dasse, yang menjelaskan bahwa timnya mengembangkan sistem konten manajemen yang disesuaikan, meningkatkan fungsi pencarian, dan situs diarahkan untuk fitur yang lebih sering dipublikasikan dan berita utama.

7. School of Visual Arts

Desain Website Universitas Keren - School of Visual Arts
Coba Anda review sebentar link web ini. Dan jawab pertanyaan berikut, ini web majalah online atau web sekolah?
School of Visual Arts, sebuah Sekolah Seni New York City yang bergengsi ini memiliki website yang bagus dan ditata dengan baik. Berkat desain interface, slideshow gambar dan fitur artikel yang cukup menarik, web ini terlihat hampir lebih seperti sebuah majalah online, bukan website sekolah biasa. Dirancang oleh lembaga berbasis di New York, situs upgrade diluncurkan pada Maret 2012.

8. DePauw University

Desain Website Universitas Keren - DePauw University
Dengan warna abu-abu, skema warna kuning dan penggunaan fotografi yang indah, website DePauw University hampir terlihat lebih seperti nuansa yang ada pada National Geographic-nya sebuah lembaga pendidikan tinggi. Situs baru diluncurkan pada bulan Desember 2011. Dan direktur sekolah berbasis Komunikasi Strategis Indiana, Jon Coffin, praktis menyukai hasil akhirnya.

9. Brooklyn College

Desain Website Universitas Keren - Brooklyn College
Diluncurkan pada tahun 2011, website baru Brooklyn College yang mengesankan dikembangkan oleh lembaga interaktif Baltimore berbasis Fastspot. Situs menampilkan brand dengan baik dan benar-benar membuatnya stand out. Fastspot bekerja dengan sesama lembaga Baltimorean, Neustadt Creative Marketing and Door No. 2.
Kampus ini sering disebut sebagai “Harvard on the Hudson,” dan visualisasi yang besar pada website benar-benar memamerkan lingkungan lembaga pendidikan yang indah. Re-branding, re-architecturing situs dan re-design, kesemuanya merupakan bagian dari proses, dan berhasil mendapat terdaftar pada Webby Awards di tahun 2013.

10. University of Rochester

Desain Website Universitas Keren - University of Rochester
Halaman beranda The University of Rochester tampil sederhana dan elegan, dengan penekanan pada ruang terbuka yang luas dan fotografi berkualitas tinggi. Tidak seperti situs sekolah kebanyakan lainnya, web ini tidak kelebihan beban dengan informasi. Sebaliknya, pengguna akan disambut oleh background foto besar secara bergantian, bar informasi sederhana di sisi kiri, dan serangkaian header rapi yang membantu pengguna menjelajahi di sekitar situs.
Dirancang oleh tim web universitas negara bagian New York, tampilan situs baru diluncurkan pada tahun 2008 dan disesuaikan pada tahun 2012.

11. Davidson College

Desain Website Universitas Keren - Davidson College

Halaman home Davidson College menunjukkan sekilas tentang kehidupan di sekolah seni North Carolina melalui gambar utaman yang kuat, rapi, layout yang bagus.
Lebih jauh ke bawah Anda akan mendapatkan halaman yang lebih sosial, tapi kesan terkuat tetap ada di atas. Diluncurkan pada bulan Agustus 2013, perubahan situs website dirancang dengan masukan dari tim yang melibatkan bidang komunikasi di perguruan tinggi itu, IT, relasi, dan departemen keuangan, belum lagi berbagai perwakilan dari daerah lain. BarkleyREI, bertanggung jawab untuk arsitektur, desain, dan pengembangan situs ini.

12. Full Sail University

Desain Website Universitas Keren - Full Sail University
Full Sail University adalah sebuah lembaga entertainment dan institusi media yang menawarkan mata kuliah seperti karya video dan pembuatan film. Sekolah yang didirikan pada tahun 1979 di Ohio sebelum pindah ke lokasinya yang sekarang Winter Park Florida pada tahun 1989. Ahli sistem manajemen konten, Alfresco dan tim design Platinum Kreatif, keduanya memberikan kontribusi membuat web baru yang mencolok untuk universitas agar lebih hidup, dan pada tahun 2012 website ini menerima penghargaan Webby Award dalam kategori Sekolah / Universitas.

13. Bates College

Desain Website Universitas Keren - Bates College

Lewiston, sekolah seni Bates Universitas, di Maine meluncurkan desain website baru yang mengesankan pada bulan November 2011, dan kurang dari satu tahun kemudian situs meraup Best Overall Website and the People’s Choice Award untuk Best Homepage pada 2012 eduStyle Awards. Situs yang dinamis ini menggunakan foto besar siswa untuk memperlihatkan sekilas kehidupan mahasiswa di Bates. Menarik bukan? 🙂

14. Clemson University

Desain Website Universitas Keren - Clemson University

Di Carolina Selatan, maskot Clemson University adalah “The Tiger,” dan julukan untuk sekolah adalah Clemson Tigers. Pas sekali jika website resminya menggunakan skema warna oranye dengan mata harimau yang mencolok, digunakan sebagai header website. Ini merupakan simbol kecerdikan yang di tempatkan dengan baik, karena ini benar-benar memberikan sentuhan karakteristik web.
Diluncurkan pada tahun 2013, redesign yang mobile-friendly ini dikembangkan oleh Clemson’s Web Leadership Team and Communications Council.

15. Belmont University

Desain Website Universitas Keren - Belmont University
Website Nashville Belmont University memiliki penekanan kuat pada efek visual. Homepage terlihat lebih seperti sebuah halaman scrapbooking kreatif daripada sebuah ruang online lembaga pendidikan tinggi. Ini sangat mengesankan. Redesign ini dilakukan sepenuhnya oleh Belmont desainer yang bergabung dengan divisi IT Christian school untuk merombak website dan menciptakan desain baru yang menawan, yang diluncurkan pada tahun 2011.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x