5 Tips Membuat Website Anda Lebih Sosial Kepada Pengunjung

Jika Anda menjalankan sebuah situs website, Anda sudah familiar dengan search engine optimization. Berikutnya Anda perlu menambahkan social optimization. Sebuah situs web yang dioptimalkan untuk berbagi ke media sosial biasanya menarik lebih banyak lalu lintas dan memicu keterlibatan yang lebih dengan pelanggan. Tapi apa arti tepatnya pengoptimalan media sosial? Apakah itu hanya soal menambahkan tombol berbagi ke halaman media sosial? Sebenarnya, itu mencakup segala sesuatu yang bertujuan mendorong lebih banyak berbagi pada halaman media sosial Anda, untuk mencari lebih banyak umpan balik dari pengunjung.
5 tipsUntuk membuat website Anda lebih sosial, bukan sekedar  tombol di web Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan yaitu :

1.    Mendorong pengalaman yang lebih sosial.
Anda dapat mengajak pengunjung web untuk berbagi dan melibatkan diri dalam website Anda dengan memilih “emotionally intelligent words”. Itu berarti Anda memilih kata-kata yang mewakili karakter merk dagang Anda dan muncul percakapan.
Sebuah contoh, mengubah kalimat “coba sekarang” menjadi “siap memberikan tanggapan?” terdengar lebih ramah dan persuasif. Ini membangkitkan tindakan dan juga membuat ‘klik’ pada tombol share lebih dari pengalaman pribadi untuk pengguna. Pada akhirnya dapat membantu pengguna merasa lebih nyaman meninggalkan komentar atau berbagi situs Anda.

2.    Meningkatkan standar kualitas konten
Menciptakan konten berbeda/khas yang menarik dan berguna bagi pelanggan Anda tentu saja kunci untuk setiap strategi pemasaran online yang sukses. Tanpa konten tersebut, hanya ada sedikit kesempatan halaman Anda akan ditemukan dan terhubung dengan situs lain.
Meningkatkan kualitas konten Anda adalah salah satu cara untuk membuat situs Anda lebih sosial. Coba pikirkan tentang hal tersebut. Apakah Anda sudah membuat artikel, posting blog atau video yang layak untuk diinformasikan? Sebagai contoh, pastikan judul Anda menarik terlebih dahulu. Lalu pastikan untuk memadukan tombol berbagi Anda dengan potongan konten.
Format konten dan panjangnya juga penting. Infografik, video dan posting blog singkat umumnya lebih sering dibagikan daripada yang panjang, karena hal-hal tersebut mudah dan cepat dicerna. Itu sangat penting sehubungan dengan meningkatnya jumlah perangkat mobile pelanggan.

3.    Memberikan insentif bila mungkin
Dengan memberikan insentif kepada pengunjung Anda dengan fitur gamification, fitur permainan sederhana yang memberikan pengalaman menarik pada pengunjung, dimana pengunjung bisa terlibat di dalamnya. Hal sederhana itu misalnya voting atau penilaian.
Salah satu contoh sukses web yang memberikan insentif adalah program  “Be the Buyer” (jadilah pembeli). ModCloth, Reseller online baju mengundang pembeli untuk memilih sample-sample desain baju dengan cara mem-votingnya. Pelanggan juga diundang untuk mempromosikan pakaian ke teman-teman untuk mendapatkan suara lebih dengan cara memberikan pendapat tentang desain yang dipilih. Jika pakaian mendapatkan cukup banyak suara, ModCloth akan mengambil pakaian tersebut untuk di produksi.insentif

Program ini mendorong pembeli untuk sering memeriksa kembali, meningkatkan kunjungan situs dan berpotensi meningkatkan penjualan. Para pembeli dihargai dengan mampu membeli pakaian yang tidak dilakukan di tempat lain. Ini adalah program yang saling menguntungkan.

4.    Aktif mencari umpan balik pelanggan
Kapan terakhir Anda bertanya pada pengunjung Anda, apa mereka ingin melihat selanjutnya? Entah itu meminta mereka untuk memilih fitur selanjutnya yang membangun atau memilih 1 produk yang mereka suka. Kekuatan umpan balik tidak bisa di remehkan begitu saja. Kumpulan sumber pada situs Anda dapat membantu mendorong pengguna untuk bersosialisasi baik dengan Anda maupun antar pelanggan satu sama lain.
Sebuah contoh berasal dari perubahan dan pertahanan perusahaan analisis KISSmetrics, yang menghabiskan tahun pertama mereka untuk meminta pelanggan yang mereka butuhkan dan kemana mereka harus pergi di aplikasinya. Dengan mengandalkan umpan balik pelanggan, KISSmetrics mampu memenuhi harapan pelanggan di seluruh platform nya. Pendekatan ini membantu meningkatkan perubahan pelanggan dan kemungkinan terjadinya umpan balik di masa depan juga.
kiss metrics
5.    Rajin menelusuri dan membuat penyesuaian
Anda mungkin percaya bahwa beberapa merk hanya lebih cenderung menang dalam keterlibatan sosial daripada yang lain, tapi itu jarang sekali terjadi. Sukses tergantung pada proses yang lebih strategis pada pengujian dan membuat penyesuaian.
Untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung pada situs Anda, menguji faktor-faktor seperti kemana tombol berbagi pergi dan jenis pesan yang mendorong interaksi pelanggan. Sebagian besar situs memiliki google analisis atau alat penelitian lain, tapi sedikit yang menggunakan itu untuk melacak lalu lintas media sosial dan lebih memahami bagaimana orang terlibat di situs mereka. Perubahan sederhana seperti menggunakan bahasa secara langsung sering dapat meningkatkan kegiatan sosial.
Perusahaan yang menolak untuk menguji dan menyesuaikan strategi optimasi sosial mereka akan menemukan bahwa keterlibatan dapat dengan cepat menguap dan pesaing dengan senang hati akan terhubung dengan mantan pelanggan mereka.
ntuk mendapatkan suara lebih dengan cara memberikan pendapat tentang desain yang dipilih. Jika pakaian mendapatkan cukup banyak suara, ModCloth akan mengambil pakaian tersebut untuk di produksi.

source : entrepreneur.com

Leave a comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.